Rumah Irit Energi Menyelamatkan Isi Kocekmu!

Big Banner

Sebuah taman di rumah bergaya tropis. Foto: Rumah123/realestate.co.au

Hunian yang hemat energi menjadi kebutuhan pada masa sekarang ini. Betapa tidak, tagihan listrik yang semakin mahal dan meningkatnya pemanasan global itu baru dua contoh alasan kenapa kita harus menghemat energi.

Untuk kita yang tinggal di negeri yang beriklim tropis seperti Indonesia, hunian bergaya tropis modern adalah yang paling efisien.  Kalau dilihat dari desain pun, efisiensi energi bisa diterapkan dalam beberpa aspek. Berikut ini langkah-langkah yang bisa diterapkan untuk hunian yang efisien seperti dikutip dari femina.co.id:

Baca juga: Gaya Tropis Modern yang Irit dan “Homey” di DepokPerhatikan Tataan Massa Bangunan

Lahan yang tidak terlalu luas sebaiknya dimanfaatkan semaksimal mungkin dengan tidak menutup seluruh lahan dengan bangunan, melainkan menyisakannya untuk kolam air. Kehadiran water feature ini sanggup meredam suhu panas dari matahari ke dalam ruang.

Buat Dinding Berongga 

Semisal dari kayu ulin sebagai desain kulit bangunan yang bisa menjadikan fasad bangunan terlihat lebih estetis. Secondary skin ini selain menjadi jalan udara,  juga melindungi bangunan dari terpaan sinar matahari sepanjang hari. Meskipun demikian, cahaya tetap bisa menerobos masuk.

Baca juga: Rumah Nyaman yang Irit Tagihan ListrikGunakan Kaca 

Kaca akan membuat sinar matahari bisa menerangi ruang saat siang. Begitu pula dengan membuat banyak ruang terbuka sebagai pintu masuk angin dan cahaya matahari.Dengan langkah-langkah tersebut, tak banyak energi yang terbuang maupun dibutuhkan cahaya lampu saat siang. Energi alami akan menjaga suhu udara di dalam rumah tetap nyaman. Juga lebih hemat dalam merawat bangunan rumah.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me