Desain Kampusnya Keren, Siapa Mau Kuliah Lagi?

Big Banner
Kampus yang Didesain oleh Fouad Samara Architects (Rumah123/Dezeen)

Beberapa pilar besar menyangga lantai teratas dari bangunan kampus universitas di Lebanon ini. Kampus ini berdiri di atas bukit yang penuh dengan pepohonan walnut.

Sementara di kejauhan ada pemandangan indah Laut Mediterania. Inilah bangunan Sheikh Nahyan Centre for Arabic Studies & Intercultural Dialogue (CASID).

Baca juga: Rumah Kecil yang Nyaman dan Efisien, Yuk Dilihat Kayak Apa

Bangunan ini merupakan bagian dari University of Balamand yang berada di Distrik Al Kurah, Lebanon. Biro arsitek lokal asal Lebanon, Fouad Samara Architects merancang bangunan ini.

Biro arsitek mendesain bangunan sebagai representasi dari etos progresif universitas yang diwujudkan dalam interpretasi modern dan tipologi bangunan.

Baca juga: Menanti Kedatangan Kapal di Bawah Naungan Awan, Wah Keren Banget

Selain itu, Fouad Samara Architects memanfaatkan bentuk kontur tanah yang miring saat mendesain bangunan. Mahasiswa, mahasiswi, dan staf pengajar bisa menikmati pemandangan indah di sekeliling kampus.

Lantaran hal itu juga, biro arsitek mengaplikasikan banyak dinding kaca pada bangunan kampus. Desain memang minimalis dengan beton ekspos dan tiang sebagai penyangga serta material kaca.

Baca juga: Kompleks Apartemen Berwarna Jadikan Kota Lebih Indah, Kayak Gimana Sih?

Kampus ini memiliki tiga sisi. Firma ini mendesain bangunan dapat diakses orang dari semua sudut dan juga beragam ketinggian dari lanskap.

Salah satu bagian yang menarik adalah taman yang berada di tanah berkontur miring. Taman ini dilengkapi dengan tempat duduk yang tersusun seperti tangga.

Baca juga: Kamar Anak Berdesain Minimalis? Boleh Aja Dicoba

“Intepretasi modern dari bangunan tradisional berhalaman luas. Bangunan ini tidak seperti benteng. Kontrasnya, bangunan ini selaras dengan lahan, terbuka dengan sekeliling, dan menyatu dengan semuanya,” ujar perwakilan Fouad Samara Architects seperti dikutip oleh laman desain dan arsitektur, Dezeen.

Wah, keren juga kalau sedang mengikuti kuliah, membaca buku di perpustakaan, atau sedang berdiskusi, kamu malah bisa menikmati keindahan Laut Mediterania.

Baca juga: Trek Lari di Atas Apartemen? Wah, Mau Banget Dong Tinggal di Sini

Kalau begini, kamu jadi tertarik untuk kuliah lagi dong? Ngomong-ngomong, berapa banyak sih kampus universitas yang kekinian seperti ini di Indonesia?

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me