Perpustakaannya Top Banget! Baca Buku di Sini Yuk!

Big Banner
Perpustakaan yang Didesain oleh Biro Arsitek Perkins+Will (Rumah123/Dezeen)

Sebuah fasilitas umum yaitu perpustakaan daerah baru saja berdiri di kawasan sub urban kota Toronto, Kanada. Fasad bangunan ini berwarna warni.

Biro arsitek Perkins+Will mendesain perpustakaan ini. Firma ini berkantor pusat di Chicago, Amerika Serikat.

Baca juga: Rumah Kecil yang Nyaman dan Efisien, Yuk Dilihat Kayak Apa

Perkins+Will merancang fasad perpustakaan daerah bernama Albion Library ini mengaplikasikan sederetan tiang yang dicat warna warni. Selain itu, fasad bangunan ini juga memakai material kaca.

Perpustakaan ini dibangun untuk menggantikan bangunan lama. Bangunan baru berada di kawasan parkir yang tidak terpakai dan juga dekat lapangan yang bisa digunakan untuk pasar.

Baca juga: Menanti Kedatangan Kapal di Bawah Naungan Awan, Wah Keren Banget

Perkins+Will mendesain perpustakaan ini terbuka. Sekeliling bangunan memasang dinding dari kaca. Biro arsitek memasang lantai terakota pada bagian lantai serta menempatkan kayu oak pada bagian langit-langit.

Meski begitu, ada sejumlah ruangan yang dibuat untuk privacy bagi mereka yang ingin menggelar pertemuan atau rapat. Perpustakaan ini juga memiliki ruang bekerja dan ruang belajar.

Baca juga: Kompleks Apartemen Berwarna Jadikan Kota Lebih Indah, Kayak Gimana Sih?

Perpustakaan ini memiliki koleksi buku yang lengkap, area bermain anak, pusat belajar komputer, dan beragam fasilitas lainnya. Koleksi buku yang ada terentang dari budaya, sosial, teknologi, dan pengetahuan.

Kalau bagian eksterior berwarna warni, firma ini juga mengaplikasikan warna terang seperti oranye, kuning, dan ungu.

Baca juga: Kamar Anak Berdesain Minimalis? Boleh Aja Dicoba

Perkins+Will mendesain perpustakaan ini menjadi ruang publik. Kebetulan lokasi Albion Library ini berada di kawasan Rexdale yang dihuni para imigran, kaum minoritas, dan masyarakat berpenghasilan rendah.

“Perpustakaan daerah ini menjadi salah satu bagian dari Perpustakaan Umum Toronto yang sering diakses masyarakat dan melayani masyakarat dari latar belakang yang berbeda,” ujar perwakilan Perkins+Will kepada laman desain dan arsitektur Dezeen.

Baca juga: Trek Lari di Atas Apartemen? Wah, Mau Banget Dong Tinggal di Sini

Wah, kalau di Indonesia, berapa banyak sih perpustakaan umum, perpustakaan daerah, atau perpustakan universitas yang kekinian seperti ini?

Kalau banyak perpustakaan seperti ini, kayaknya banyak generasi muda yang doyan datang ke sini. Mereka jadi bisa lebih doyan membaca ketimbang bermain gawai (gadget).

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me