Akhir Tahun Ini Tol Serang-Panimbang Mulai Dibangun

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera) memastikan akan memulai konstruksi jalan tol Serang-Panimbang (83,67 km) akhir tahun ini atau paling telat awal tahun depan dengan target beroperasi akhir tahun 2019. Jalan tol itu menghubungkan jalan tol Jakarta-Tangerang-Merak dengan kawasan wisata Tanjung Lesung dan Ujung Kulon melintasi Serang (kabupaten dan kota)-Lebak-Pandeglang.

kawasan wisata Tanjung Lesung akan terhubung dengan jalan tol Serang-Panimbang

kawasan wisata Tanjung Lesung akan terhubung dengan jalan tol Serang-Panimbang

“Jalan tol ini dibangun dengan skema kerja sama pemerintah dan badan usaha (KPBU). Pemerintah membangun sepanjang 33 kilometer, sisanya dikerjakan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) melalui konsorsium PT Wijaya Karya dengan investasi Rp3,56 triliun. Sekarang proses pembebasan lahannya sudah hampir 84 persen,” kata Menpupera Basuki Hadimuljono melalui publikasi yang diterbitkan di Jakarta, Senin (4/9).

Selain membangun jalan tol itu 33 km, pemerintah juga memberikan dukungan lain seperti pelebaran jalan Panimbang-Citeureup sepanjang 5,5 km dan Citeureup-Tanjung Lesung sepanjang 6,1 km. Untuk ruas lainnya saat ini sudah dimulai proses lelangnya.

“Jalan tol ini termasuk proyek strategis karena untuk mendukung kawasan wisata Tanjung Lesung, kawasan industri Cilegon, dan kawasan lumbung pangan (di Banten). Jalan tol  akan meningkatkan konektivitas dan memudahkan akses ekonomi dan wisatawan. Pembangunannya nanti dimulai dari wilayah Serang,” jelasnya.

 

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me