Tangerang Pemasok Terbesar Area Komersial di Jabodetabek

Big Banner

Majalah Properti Indonesia edisi September 2017 menurunkan liputan tentang pertumbuhan properti komersial di Tangerang. Disebutkan Ruko atau biasa disebut juga de ngan rumah toko adalah sebutan bagi bangunan-bangunan yang umumnya bertingkat antara dua hingga lima lantai, di mana lantai-lantai bawahnya digunakan sebagai tempat berusaha ataupun semacam kantor, sementara lantai atas dimanfaatkan sebagai tempat tinggal. Ruko biasanya berpenampilan sederhana dan sering dibangun bersama ruko-ruko lainnya yang mempunyai desain seragam atau mirip dalam suatu kompleks.

Seiring berkembangnya waktu, ruko secara tak langsung telah mengalami perubahan-perubahan bentuk, baik dari sisi desain maupun fungsi, yang tentunya mengikuti perkembangan atau trend dari user selaku pengguna ruko. Sebagai contoh, saat ini kaum milenial trendnya cenderung lebih menyukai konsep elegan dan cozy, menyesuaikan gaya hidup mereka yang simpel dan modern.

Sampai saat ini, demand pasar properti jenis ruko tidak pernah surut bahkan jumlahnya terus bertambah, meski area komersial yang lebih modern seperti hypermarket dan SOHO semakin menjamur. Permintaan tersebut sebagaian besar berasal dari kawasan perumahan atau apartemen. Tak heran bila di ber bagai wilayah, ruko terus dibangun dan dikembangkan dalam skala kecil maupun skala besar. Termasuk, harganya yang bervariasi, mulai dari ratusan juta hingga miliaran rupiah.

Di beberapa lokasi, ruko masih sangat dibutuhkan sebagai pemicu (trigger) hidupnya sebuah kawasan. Bahkan, jenis properti yang mengombinasikan hunian dan ruang usaha ini selalu mendapat alokasi khusus dalam rancangan sebuah kota baru atau pengembangan proyek baru.

Contohnya seperti di Sentra Timur Superblock, SouthCity, Deltamas Cikarang, Summarecon Emerald, dan Jababeka Residence, sekadar menyebut nama. Kawasan ini memasukkan ruko sebagai fitur utama dalam area pusat bisnisnya, ruko mampu mengakomodasi kepentingan warga penghuni, dan non-penghuni untuk berbisnis, dan berinvestasi. Peminatnya banyak, terutama ruko yang dikembangkan di area bisnis dalam kawasan perumahan. Potensi kenaikan harga ruko di dalam kawasan perumahan, maupun pusat bisnis cukup tinggi.

Wilayah Tangerang merupakan kawasan dengan pertumbuhan pro perti paling subur di Jabodetabek. Salah satu sub sektor properti yang pertumbuhannya “meledak” adalah ruko. Keberadaannya, paling semarak di Serpong terutama di Gading Serpong dan BSD City.

Sebagai perbandingan, tuko tiga lantai di Gading Serpong harganya rata-rata Rp3 – 4 miliar per unit. Di pasar seken ada yang menawarkan ruko tipe 200/67 (3 lantai) Rp4 miliar. Contoh lain ruko Alicante tipe 202/68 Rp3,6 miliar, sementara ruko Sevenseas (202/76) Rp3,1 miliar.

(Majalah Properti Indonesia (MPI) dapatkan di toko-toko buku dan agen-agen penjualan majalah dan buku di kota Anda. Versi digital MPI dapat diakses melalui:

https://www.getscoop.com/id/majalah/properti-indonesia

atau : https://higoapps.com/item/1399/properti-indonesia

mpi-update.com