Rumah “Tanpa Dinding”? Wah, Kalau Tetangga Ngintip Gimana Dong?

Big Banner
Rumah yang Didesain oleh Nishizawa Architects (Rumah123/Dezeen)

Pernah membayangkan rumah tanpa dinding? Hmm, sulit sepertinya karena kalau ada rumah seperti ini, mungkin hanya sebatas gazebo yang digunakan untuk tempat bersantai.

Namun, ternyata ada rumah yang tidak memiliki dinding beton atau dari batu bata. Meski sebenarnya, hanya dinding depan dan belakang rumah yang ditiadakan.

Baca juga: “Biara Modern” di Atas Bukit, Mampir Yuk!

Hal ini lantaran bagian kiri dan kanan rumah diapit oleh rumah tetangga. Bagian depan dan belakang rumah pun terbuka.

Biro arsitek Nishizawa Architects mendesain rumah yang berada di kota Chau Doc, provinsi An Giang, Vietnam. Nishizawa Architects merupakan firma yang didirikan oleh arsitek asal Jepang, Shunri Nishizawa.

Baca juga: Barak Tentara Diubah Jadi Kampus? Ide Luar Biasa Nih!

Arsitek muda berusia 37 tahun ini pernah bekerja di biro arsitek milik arsitek legendaris Jepang, Tadao Andao selama empat tahun. Kemudian dia mendirikan biro arsitek sendiri di Ho Chi Minh City, Vietnam.

Nishizawa Architects mendesain fasad bangunan pada bagian depan terbuka dengan hanya memasang seng bergelombang yang bisa digeser atau dibuka tutup.

Baca juga: Desain Kampusnya Keren, Siapa Mau Kuliah Lagi?

Hal ini sengaja dilakukan karena banyak hal mulai dari memudahkan sinar matahari masuk, kemudahan sirkulasi udara, pemandangan indah persawahan, dan juga sebagai bukaan area hijau. Ada sejumlah taman dalam rumah.

Saat siang hari, penghuni bisa membuka “dinding” bagian depan dan belakang rumah sehingga udara bisa berganti serta sinar matahari bisa masuk. Penghuni juga dapat memandang area persawahan yang berada di kejauhan.

Baca juga: Perpustakaannya Top Banget! Baca Buku di Sini Yuk!

Hmm, unik juga ya kalau bisa mendesain rumah serupa, apalagi iklim Vietnam dan Indonesia juga sama-sama tropis kan? Sinar matahari berlimpah dan angin juga kencang.

Tapi tetap saja ada “kekurangannya” soal desain ini, kalau kamu menjadi penghuni mungkin kurang nyaman dengan desain ini lantaran terlalu terbuka. Mungkin tetangga atau orang yang lewat akan menengok melihat ke dalam. Malas juga kan kalau ada yang kepo!

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me