Perubahan Jalan Tol Jagorawi dan Jakarta-Bekasi yang Kamu Harus Tahu!

Big Banner
Ilustrasi (Foto: Rumah123/iStock)

Buat kamu pengguna jalan Tol Jakarta-Bogor-Ciawi (Jagorawi). Mulai 8 September 2017, Gerbang Tol (GT) Cimanggis Utama dan Cibubur Utama ditiadakan. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memutuskan integrasi jalan tol tersebut.

“Tanggal 8 September akan dilakukan di Cibubur Utama dan Cimanggis Utama, sehingga hanya terjadi sekali transaksi,” kata Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Herry Trisaputra Zuna, seperti dikutip Kompas.com, Rabu (6/9).

Dengan perubahan tersebut, maka sistem pembayaran di Tol Jagorawi yang sebelumnya terbuka dan tertutup menjadi hanya terbuka. Sistem terbuka saat ini masih berlaku di ruas Cawang-Taman Mini/Dukuh dan ruas Cawang-Cibubur dengan pentarifan tol merata.

Baca juga: Gerbang Tol Cibubur Utama dan Cimanggis Utama Bakal Ditutup, Terus Gimana?

Untuk sistem tertutup yang berlaku di ruas Simpang Susun Cimanggis sampai dengan Bogor/Ciawi, berlaku sistem penarifan tol proporsional tergantung pada asal dan tujuan.

Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Tbk, Desi Arryani, pada sumber yang sama, mengatakan, perubahan sistem ini dilakukan atas terbitnya Surat Keputusan Menteri PUPR Nomor 692/KPTS/M/2017 pada 31 Agustus 2017.

“Jadi, tanggal 8 September mulai pukul 00.00 WIB akan dimulai sistem integrasinya,” katanya.

Baca juga: Tol Apa Aja Sih yang Mulai Oktober 2017 Bayarnya Non-Tunai?

Integrasi ini berdampak pada penyesuaian tarif tol. Untuk kendaraan Golongan I bertarif Rp6.500, kendaraan Golongan II Rp9.500. Sedangkan kendaraan Golongan III, IV, dan V, masing-masing yaitu Rp13.000, Rp16.000 dan Rp19.500. Sistem pentarifan diberlakukan secara merata atau berlaku single tarif

“Tarifnya single tarif. Untuk jarak jauh, tarifnya turun, untuk jarak dekat agak naik,” kata Desi.

Pengintegrasi jalan tol sebelumnya pernah diberlakukan pada ruas jalan Tol Jakarta-Tangerang dan Tangerang-Merak. Dengan pengintegrasian jalan tol diharapkan bisa mengurangi kemacetan. Terlebih integrasi jalan Tol Jagorawi berdampak pada ditutupnya GT Cibubur Utama dan Cimanggis Utama.

Baca juga: September 2017, Transpatriot Beroperasi, Orang Bekasi Bisa Lebih Ngirit Ongkos!

Sementara itu, 5 GT di ruas jalan Tol Jakarta-Bekasi akan mengalami penyesuaian sistem pembayaran, dari tunai beralih ke non-tunai. Ke-5 GT tersebut yakni GT Pondok Gede Timur 2 arah ke Jakarta dan GT Tambun arah ke Jakarta, berlaku mulai 17 September 2017. Sedangkan, GT Pondok Gede Barat 2 arah ke Jakarta, GT Bekasi Barat 2 dan GT Bekasi Timur 2, berlaku 24 September 2017.

Menurut Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR, Herry Trisaputra Zuna, penerapkan 100% sistem pembayaran non-tunai berlaku Oktober 2017. Namun, saat ini sudah mulai diberlakukan peralihan sistem pembayaran secara bertahap.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me