Jepang dan Belanda Punya Parkir Sepeda Terbesar di Dunia, Kalau Indonesia Kapan Ya?

Big Banner
Parkir Sepeda di Stasiun Kereta Utrecht, Belanda (Rumah123/Dezeen)

Pada 2018, Belanda akan memiliki tempat parkir sepeda terbesar di dunia. Lahan parkir ini berada di Central Station, Utrecht.

Tempat parkir sepeda seluas 17.100 meter persegi ini dapat menampung 12.500 sepeda! Tempat parkir ini buka 24 jam sehari, 7 hari seminggu.

Baca juga: Sepeda Elektrik dengan Teknologi Mobil Balap Formula 1, Mau Beli?

Biro arsitek asal Belanda, Ector Hoogstad Architecten mendesain stasiun dan juga tempat parkir ini. Saat ini, lahan parkir baru menampung 6.000 sepeda. Pengerjaan dilakukan secara bertahap.

Saat tempat parkir sepeda di Utrecht ini diresmikan maka parkir ini mengalahkan tempat parkir stasiun bawah tanah Kasai di ibu kota Jepang, Tokyo. Saat ini, tempat parkir ini bisa menampung 9.400 sepeda dalam tempat parkir yang berada 15 meter di bawah permukaan tanah.

Baca juga: Wow, Sepeda Tandem Ala Belanda, Mau Coba?

Jepang dan Belanda sama-sama memiliki penduduk yang gila naik sepeda. Di Jepang ada 80 juta unit sepeda, sementara jumlah penduduknya mencapai 126 juta jiwa.

Sedangkan di Belanda, dari 17,1 juta penduduknya, 36 persen di antaranya adalah pengguna sepeda setiap hari. Bahkan, persentasenya lebih besar di kota kecil, bisa mencapai 46 persen.

Baca juga: Jembatan Ini Khusus untuk Pejalan Kaki dan Pengendara Sepeda! Keren Kan!

Tempat parkir sepeda ini biasanya berada di stasiun kereta atau terminal bus. Namun, dua tempat parkir sepeda terbesar ini sama-sama berada di stasiun kereta.

Wah, kalau di Indonesia, lahan parkir terbesar justru untuk sepeda motor. Padahal naik sepeda setiap hari lebih menyehatkan lho. Kapan ya Indonesia bisa mengikuti jejak Jepang dan Belanda?

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me