Lusa Tol Jagorawi Berlakukan Satu Harga Jauh-Dekat

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Pemerintah menetapkan perubahan sistem transaksi untuk jalan tol Jakarta-Bogor-Ciawi (Jagorawi) menjadi satu harga yang mulai berlaku 8 September 2017. Dengan aturan baru itu pengguna jalan tol dari Jakarta menuju Ciawi atau sebaliknya, cukup membayar satu kali Rp6.500 untuk kendaraan golongan I, sedangkan golongan II–V menjadi Rp9.500, Rp13.000, Rp16.000, dan Rp19.500.

Gerbang Tol Cibubur

Gerbang Tol Cibubur (Sumber Foto: moneter.co.id)

Dengan sistem baru ini, tarif tol untuk jarak dekat menjadi naik dan jarak jauh menjadi lebih murah. “Pengguna jalan tol ke arah Jakarta akan membayar di pintu masuk (on ramp), sementara yang ke arah Bogor membayar di pintu keluar (off ramp). Gerbang tol yang ada di dalam ruas tol di gerbang tol Cibubur dan Cimanggis Utama tidak ada lagi, sehingga arus kandaraan diharapkan lebih lancar,” kata Herry Trisaputra Zuna, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpupera), dalam publikasi resmi di Jakarta, Rabu (6/9).

Untuk lebih memperlancar arus lalu lintas, gardu di gerbang tol pembayaran akan ditambah. Yaitu,  lima gardu di gerbang tol Cimanggis 3, dua gardu di Gunung Putri, dan masing-masing delapan gardu di Bogor dan Ciawi. “Pengurangan gerbang tol cukup efektif memperlancar arus lalu lintas di jalan tol. Selama ini terjadi penumpukan kendaraan di Cibubur Utama dan Cimanggis, makanya kita hilangkan,” kata Herry.

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me