Seberapa Besar Untung Berinvestasi di Bisnis Kondotel (1)

Big Banner

Seberapa Besar Untung Berinvestasi Kondotel, adalah salah satu judul di majalah Properti Indonesia (MPI) edisi September 2017. Edisi ini sudah beredar dan dapat diakses melalui digital yang alamatnya dapat di lihat poada akhir tulisan ini.

Kondotel adalah konsep penjualan unit apartemen strata-title (hak milik) kepada investor, kemudian diserahkan kepada operator profesional untuk dikelola layaknya kamar hotel. Saat ini cukup banyak pengembang yang menawarkannya kepada investor properti. Namun jumlahnya tidak sebanyak kurun waktu 2012-2014. Waktu itulah booming kondotel.

Menurut tulisan tersebut bahwa berbagai keuntungan bisa didapat investor kondotel. Antara lain profit sharing yang dihitung pada setiap akhir tahun. Umumnya, format sharing sekitar 60% untuk investor dan 40% untuk operator.

Beberapa keuntungan yang bisa didapat investor membuat investasi di kondotel antara lain,
investor tidak perlu repot. Setelah kondotel terbangun dan beroperasional, ada manajemen
operasional atau operator hotel yang siap mengelolanya dan mencarikan penyewa.

Investasi yang ditanam cukup memanfaatkan sistem yang mengatur, tanpa banyak buang tenaga dan waktu. Investor kondotel akan menerima profit sharing yang dihitung pada setiap akhir
tahun.

Pembagian keuntungan itu diambil rata-rata room rate dan tingkat okupansi hotel. Harga kamar hotel per malamnya, lalu dikali 365 hari, lalu dipotong anggaran operasional hotel. Dari situ pembagian per sentase profi t sharing antara operator dan investor.

Umumnya, format sharing ini sekitar 60% untuk investor dan 40% untuk operator. Keuntungan berikutnya yang bisa didapatkan ketika berinvestasi pada kondotel adalah investor bisa menginap gratis. Waktu menginap gratis ini bisa selama 18–30 hari setiap tahunnya. Harga kondotel juga akan terus meningkat, mengikuti kenaikan tingkat infl asi. Kemudian kepemilikan investor atas kondotel tersebut juga bisa menjadi agunan kepada bank jika saja memerlukan pinjaman uang di bank.

Untuk memberikan kenyamanan berinvestasi, pengembang biasanya memberikan rental guarantee (jaminan sewa) kepada investor yang besarannya tergantung kebijakan pengembang. Rata-rata bermain di angka 10-15% per tahun selama dua tahun pertama.

Ada dua model pengambilan rental guarantee, yakni diambil di awal sehingga mengurangi harga unit, atau diberikan setelah akad sehingga menjadi keuntungan pertama investor. MPI/YS

(Majalah Properti Indonesia (MPI) dapatkan di toko-toko buku dan agen-agen penjualan majalah dan buku di kota Anda. Versi digital MPI dapat diakses melalui:

https://www.getscoop.com/id/majalah/properti-indonesia

atau : https://higoapps.com/item/1399/properti-indonesia

mpi-update.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me