Badai Besar Datang, Industri Properti Bakal Terancam?

Big Banner
Miami, Florida, AS (Rumah123/iStockphoto)

Akhir pekan ini, badai besar bakal datang. Tidak tanggung-tanggung kalau badai yang bakal muncul termasuk kategori 5. Badai Irma diperkirakan akan segera mencapai daratan Amerika Serikat khususnya negara bagian Florida bagian Selatan. Salah satu kota yang akan terkena dampaknya adalah Miami.

Badai ini sudah menimbulkan kerusakan di kawasan Karibia, Amerika Tengah. Setidaknya tujuh orang tewas akibat badai ini.

Baca juga: Integrasi Bus, Kereta, dan Sepeda, Ini Baru Sistem Transportasi Oke!

Media AS, Wall Street Journal melansir kalau kerusakan akibat Badai Irma sudah melanda kawasan Puerto Rico, St. Martin, Barbuda, dan sekitarnya. Badai ini diperkirakan akan mencapai area Florida Keys dan Florida Selatan pada akhir pekan ini.

Sementara Miami Herald menyatakan kalau pada Kamis (8/9/2017), Walikota Miami-Dade, Carlos Gimenez sudah memerintahkan 650.000 warga yang tinggal di pesisir pantai untuk mengungsi. Perintah untuk mengevakuasi orang dalam jumlah banyak ini menjadi yang terbesar sejak Badai Wilma menerjang Miami pada 2005.

Baca juga: Bangunan Berusia 117 Tahun Runtuh Karena Hujan Deras, Hati-hati Ya Kalau Musim Hujan

Badai Irma yang bakal menerjang ini termasuk dalam kategori 5. Angin topan akan mencapai kecepatan 297 km per jam. Benda dan serpihan barang akan beterbangan. Selain itu, banjir juga akan terjadi. Air laut akan membanjiri daratan.

Meski Pemerintah Miami Dade memerintahkan evakuasi, namun sejumlah perusahaan properti tetap pede kalau bangunan apartemen mewah yang mereka bangun bisa tahan terhadap badai termasuk skala 5 sekalipun. Developer merasa hal ini tidak menjadi ancaman.

Baca juga: Kenapa Sih Bangunan Bisa Runtuh? Yuk, Cari Tahu Penyebabnya

“Alasan kenapa kami tidak terlalu terkejut dengan badai seperti ini seperti kawasan lainnya di dunia lantaran kami sudah bersiap untuk ini,” ujar Presiden Dezer Development, Gil Dezer kepada laman properti Mansion Global.

Perusahaan yang berkantor pusat di Florida ini memiliki sejumlah apartemen mewah dan tinggi di kawasan Miami. Salah satunya adalah apartemen 60 lantai yang didesain oleh Porsche.

Baca juga: Jepang dan Belanda Punya Parkir Sepeda Terbesar di Dunia, Kalau Indonesia Kapan Ya?

Dezer yakin kalau semua bangunan yang dibangun perusahaannya tidak akan terpengaruh Badai Irma. “Kalau tahu bagaimana bangunan ini dibangun, badai ini nggak ada apa-apanya kok,” kata Dezer.

Dezer menyatakan kalau para penghuni sudah menempati apartemen. Dia meyakinkan kalau mereka aman karena penghuni tinggal mulai lantai tujuh ke atas, berada 21 meter di ataas permukaan laut.

Baca juga: Tinggal di Wilayah Rawan Bencana? Perencanaan Kawasan Jadi Solusinya

Mereka tidak akan terancam dari banjir dan puing yang mungkin jatuh. Kalau ada benda beterbangan, jendela telah dirancang aman dari benda dan getaran serta angin berkecepatan 289 km per jam.

Wah, kalau di luar negeri, mitigasi bencana sudah berjalan baik ya. Bagaimana dengan di Indonesia? Kalau kamu sendiri gimana? Sudah mengerti cara evakuasi belum?

Baca juga: Indonesia Kan Negara Maritim, Kok Belum Punya Pelabuhan Keren Kayak Gini Sih?

Kalau kamu tinggal di Indonesia, bencana yang bisa mengancam memang bukan badai seperti Badai Irma, tetapi gempa, gunung meletus, tanah longsor, banjir, atau tsunami. Kamu harus selalu bersiap untuk kemungkinan terburuk ya.

By the way, kalau ada kawasan sering terkena bencana, harganya bakal turun nggak sih? Belum pernah ada yang riset ya.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me