Indonesia Kan Negara Maritim, Kok Belum Punya Pelabuhan Keren Kayak Gini Sih?

Big Banner
Kompleks Pelabuhan yang Didesain oleh Zaha Hadid Architects (Rumah123/Dezeen)

Biro arsitek asal Inggris, Zaha Hadid Architects memenangkan sayembara mendesain Pelabuhan Tallinn yang berada di ibu kota Estonia, Tallinn. Estonia merupakan negara di Eropa Timur.

Zaha Hadid Architects berhasil mengalahkan sejumlah biro arsitek terkenal lainnya seperti Alejandro Zaera Polo Maider Llaguno Architecture dan Alver Architects.

Baca juga: Fasad Sekolah Dipasangi 12.000 Panel Solar, Bisa Ngirit Listrik 50 Persen!

Biro arsitek ini mengajukan konsep Masterplan 2030 yang akan mengembangkan kawasan pelabuhan Tallinn terdiri dari terminal pelabuhan kapal, kantor, dan perumahan. Zaha Hadid Architects ingin memunculkan generasi baru di kawasan pelabuhan.

Sebenarnya, dalam masterplan ini juga mencakup perumahan, perkantoran, kawasan komersial seperti hotel, hingga taman.

Baca juga: Rumah “Tanpa Dinding”? Wah, Kalau Tetangga Ngintip Gimana Dong?

“Sebuah jaringan yang dinamis dan gerakan yang elegan terinspirasi dari gelombang alami yang mengalir dari kota ke pelabuhan dan menyatukan kawasan yang terpisah dari pelabuhan ke kota, menciptakan area baru dan terhubung dengan topografi urban,” ujar juru bicara Zaha Hadid Architects kepada situs desain dan arsitektur Dezeen.

Zaha Hadid Architects membuat banyak ruang publik untuk menghubungkan kota dan pelabuhan. Nantinya, masyarakat diharapkan tertarik untuk datang ke kawasan ini.

Baca juga: Satu Kamar, Dua Warna? Bisa Dicoba untuk Pembagian Ruang Tidur Anak

Dewan juri memilih konsep desain Zaha Hadid Architects lantaran bisa membuat hubungan yang seimbang dengan membuat ruang urban antara kota dan pelabuhan serta mempertimbangkan akses jalan dan masalah kemacetan.

Proyek ini akan dikerjakan segera dan diselesaikan pada 2030 mendatang. Zaha Hadid Architects sendiri pernah mengerjakan sejumlah pembangunan pelabuhan dan kawasan pantai di antaranya di Salerno, Italia dan Antwerp, Belgia.

Baca juga: Sstt, Yuk Main ke Markas Agen Rahasia

Wah, keren ya kawasan pelabuhan seperti ini. By the way, Indonesia kan negara maritim ya, seharusnya punya banyak kawasan pelabuhan yang keren dan kekinian kan? Kayaknya belum ada ya kawasan seperti ini?

Mudah-mudahan proyek Patimban Deep Seaport bakal keren ya, nggak hanya sekedar pelabuhan untuk  peti kemas saja, tapi pelabuhan kapal pesiar dan kawasan publik.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me