Sstt, Yuk Main ke Markas Agen Rahasia

Big Banner
Markas FBI yang Didesain oleh Skidmore, Owings & Merrill (Rumah123/Dezeen)

Biro arsitek ternama asal Amerika Serikat, Skidmore, Owings & Merrill telah menyelesaikan pembangunan fasilitas Pusat Teknologi Biometrik untuk Badan Investigasi Federal AS, FBI. Fasilitas ini tidak jauh dari kantor FBI di Clarksburg, West Virginia.

Fasilitas ini akan menjadi kantor Divisi Layanan Informasi Kriminal, CJIS yang berada di bawah FBI. Kantor ini sendiri merupakan kerja sama antara FBI dengan Departemen Pertahanan AS.

Baca juga: Fasad Sekolah Dipasangi 12.000 Panel Solar, Bisa Ngirit Listrik 50 Persen!

Skidmore, Owings & Merrill merancang kantor FBI ini dengan desain terbuka dan ruang kantor yang berlimpah cahaya matahari. Sekeliling kantor mengaplikasikan material kaca. Para pekerja bisa melihat pemandangan perbukitan di sekeliling kantor.

Kantor ini dapat menampung 1.300 pekerja, para agen rahasia FBI. Kantor ini memiliki luas mencapai 34.839 meter persegi.

Baca juga: Rumah “Tanpa Dinding”? Wah, Kalau Tetangga Ngintip Gimana Dong?

Fasilitas ini digunakan sebagai pusat riset, pengembangan, dan aplikasi dari teknologi identifikasi biometrik yang digunakan untuk tujuan keamanan nasional dan penegakan hukum. Teknologi biometrik bisa menentukan dan menganalisa karakteristik manusia seperti DNA, sidik jari, mata, dan pola suara.

Skidmore, Owings & Merrill mendesain kantor ini dengan banyak persyaratan mulai dari keharusan desain bangunan yang ramah lingkungan, penggunaan material yang tidak berbahaya, dan pemakaian energi yang hemat.

Baca juga: Satu Kamar, Dua Warna? Bisa Dicoba untuk Pembagian Ruang Tidur Anak

Selain itu, kantor ini harus memenuhi standar keamanan dan bisa melindungi pegawai dari serangan teroris. Hal ini sesuai dari standar Departemen Pertahanan AS.

Skidmore, Owings & Merrill sering mendesain bangunan yang dimiliki oleh pemerintah AS. Salah satunya akademi militer di Colorado. Skidmore, Owings & Merrill merupakan biro arsitek tergolong tua di AS, didirikan pada 1936.

Baca juga: “Biara Modern” di Atas Bukit, Mampir Yuk!

Hmm, keren juga ya kantor para agen rahasia AS. Kalau kantor agen rahasia di Indonesia kayak gimana sih? Penasaran nggak?

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me