Perumnas Revitalisasi Rusun Lama, Penghuni Dapat Uang Kontrakan Dan Unit Baru

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Selain merintis pengembangan perumahan yang menjadi cikal bakal sejumlah kota seperti di Depok, Bekasi, dan kota-kota lain di Indonesia, Perumnas sejak dulu juga sudah mengembangkan rumah susun (rusun) atau apartemen sederhana bertingkat rendah (lowrise) di berbagai kota. Rusun setinggi 4-5 lantai itu tanpa dilengkapi lift.

 

Ilustrasi Rusun Lama

Ilustrasi Rusun Lama (Foto: merdeka.com)

Sekarang rusun-rusun yang berlokasi di tengah kota itu sudah menua usia bangunannya dan bisa lebih dioptimalkan nilai ekonominya dengan misalnya, membangunnya ulang menjadi jauh lebih tinggi dan berisi jauh lebih banyak unit hunian.

Menurut Direktur Marketing Perumnas Muhammad Nawir, proyek revitalisasi rusun lama itu sudah dimulai di Medan, Sumatera Utara. Rusun lama setinggi empat lantai memcakup 450-an unit hunian yang dibangun sejak tahun 1980-an di kota itu dibangun ulang menjadi apartemen bertingkat tinggi (highrise building).

“Jadi penghuni 450 unit rusun itu keluar dulu sementara apartemen yang baru kita bangun. Kita berikan bantuan kontrak rumah Rp10 juta per tahun per unit selama dua  tahun. Setelah gedungnya jadi, mereka masuk lagi ke unitnya yang kita berikan gratis. Kita dapat untung dari berjualan unit sisanya yang jumlahnya jauh lebih banyak,” katanya kepada housing-estate.com di Jakarta, Jumat (8/9).

Kendati kebanyakan penghuni suka dengan program revitalisasi rusun itu, dalam praktik  prosesnya sering tidak selalu mudah. Salah satu yang membuat lama adalah negosiasi dengan penghuni lama yang rusun dan lingkungannya akan direvitalisasi.

“Rusun di Medan ini bisa menjadi contoh (karena prosesnya lebih cepat) selain di Palembang yang proses negosiasinya juga relatif mudah. Yang alot itu (rencana revitalisasi kawasan rusun) di Tanah Abang (Jakarta Pusat). Sampai hari ini kita masih negosiasi terus dengan penghuninya,” ujar Nawir.

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me