Inovasi ABB Mengubah Rumah Jadi Bangunan Cerdas dan Irit Listrik

Big Banner

HousingEstate.com, Jakarta – Pelopor dalam teknologi produk elektrifikasi, robotik, otomatisasi industri dan jaringan listrik ABB (Swiss) menghadirkan serangkaian inovasi produk, sistem, perangkat lunak dan solusi servis pada pameran Electric, Power and Renewable Energy 2017 di Jakarta, 6-9 September 2017. Mengambil tema “Transformasi berbasis Digital”, dalam pameran tersebut ABB mendemonstrasikan konsep jaringan listrik digital termasuk produk, sistem dan perangkat lunak yang mendorong transformasi digitalisasi jaringan listrik.

Suasana booth ABB menghadirkan Smart Building and Automation ABB i-bus KNX di pameran Electric, Power and Renewable Energy 2017 di JiExpo Kemayoran, Jakarta, Rabu (6/9/2017)

Suasana booth ABB menghadirkan Smart Building and Automation ABB i-bus KNX di pameran Electric, Power and Renewable Energy 2017 di JiExpo Kemayoran, Jakarta, Rabu (6/9/2017)

Khusus untuk otomatisasi bangunan tempat tinggal (home automation), ABB menawarkan solusi yang akan mengubah rumah menjadi bangunan cerdas.  Home automation memungkinkan koneksi mutakhir untuk menghubungkan tirai, penerangan, pemanas, penyejuk udara, pintu dan perangkat lainnya. Seluruh perangkat di rumah dapat dikontrol dari satu panel jika berada di dalam rumah atau melalui ponsel pintar bila berada di dalam atau luar rumah.

Sistem otomatisasi ini juga bisa dirancang sesuai kebutuhan penghuni. Misalnya, untuk kebutuhan penerangan di sebuah ruang 2.500 lumens, sistem bisa diprogram untuk mengkombinasikan kekuatan cahaya alami yang masuk dari jendela dan lampu di dalam ruangan sebagai penerangan sehingga menghemat penggunaan listrik.

“Jika matahari bersinar cerah, tirai bisa terbuka optimal untuk memasukkan cahaya dan lampu meredup secara otomatis sehingga energi bisa dihemat,” kata Wagner Manurung, Product Marketing Manager Electrification Products (EP) Division Low Voltage PT ABB Sakti Industri saat pembukaan pameran.

Dalam pameran ABB juga menampilkan ABB Ability, sebuah solusi digital ABB yang mampu menghubungkan berbagai teknologi digital lintas industri, mulai dari perangkat sederhana sampai nirkabel yang lebih canggih hingga berbasis cloud. Teknologi terbaru yang ramah lingkungan mencakup microgrid, solusi ideal untuk penyediaan listrik dengan biaya terjangkau dan berkualitas dengan pemanfaatan energi terbarukan yang banyak tersedia di berbagai pulau di Indonesia.

Selain itu ada HVDC Light untuk arus searah tegangan tinggi yang membantu mengintegrasikan sumber energi terbarukan dari berbagai sumber terpencil. Untuk program penambahan kapasitas listrik 35 GW di Indonesia yang ditargetkan rampung tahun 2019, ABB  berkomitmen mengembangkan dan mengintegrasikan teknologi tersebut ke berbagai infrastruktur di Indonesia.

“Sebagai pemimpin teknologi terdepan ABB akan terus mendukung Indonesia dalam penyediaan listrik yang andal bagi masyarakat,” ujar Mike McNelis, Managing Director ABB di Indonesia. Sejak 1920 ABB memasok perlengkapan listrik di Bandung, Jawa Barat dan Tondano, Sulawesi Utara. Kini ABB memiliki lebih dari 800 karyawan di Indonesia dan beroperasi di berbagai lokasi dengan fasilitas manufaktur untuk produk listrik tegangan rendah dan menengah di dekat Jakarta serta pusat pengembangan perangkat lunak di Bali.

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me