Bos Lippo: Konsumen 32 Ribu Unit Meikarta Sudah Mulai Mencicil

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Bisnis properti saat ini dihebohkan dengan penjualan proyek kota baru vertikal Meikarta (500 ha) di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, besutan Lippo Group, karena menawarkan unit apartemen untuk segmen menengah dan menengah ke bawah seharga mulai dari Rp7 jutaan/m2 atau Rp127 jutaan/unit (tipe studio), atau lebih rendah bahkan daripada apartemen bersubsidi yang dipasarkan Rp9 juta/m2.

James T Riady | Foto : flickr.com

James T Riady | Foto : flickr.com

Chairman Lippo Group James Riady menyebut, sampai saat ini unit apartemen di Meikarta sudah terpesan 130 ribu unit sejak dilansir tiga bulan lalu dan dipasarkan secara masif dengan promosi besar-besaran di aneka media. “Dari 130 ribu unit itu, sebanyak 32 ribu unit sudah mulai dicicil oleh konsumennya,” katanya di sela-sela penyelenggaraan BTN Golden Property Awards 2017 yang diadakan Bank BTN dan Indonesia Property Watch (IPW) di Jakarta, Senin (11/9).

Terlepas dari berbagai kekurangan terkait proses proyek seperti perizinan yang belum selesai sehingga dinilai berbagai kalangan seharusnya belum boleh berjualan, James menyebut kebutuhan hunian di Indonesia sangat besar. Pasar yang besar ini coba dirangkul dengan menyediakan hunian yang terjangkau oleh kaum pekerja dengan penghasilan standar UMR dengan fasilitas sangat lengkap di sebuah kota baru.

Pengembangan skala besar itu, jelasnya, butuh cost of recovery yang sangat besar pula terutama untuk pengembangan infrastrukturnya. “Meikarta antara lain ditujukan untuk mengurangi defisit (backlog) pengadaan perumahan yang mencapai 11 juta unit lebih. Pasar segmen masyarakat bawah yang sangat besar ini jangan dihambat. Ini kontribusi kami terhadap program sejuta rumah (yang dicanangkan pemerintah) yang menyasar orang-orang biasa yang ingin punya hunian yang layak. Bayangkan apa yang kami lakukan nanti akan diikuti kelompok (developer) lain sehingga pemenuhan hunian untuk masyarakat bawah lebih beragam. Ini (backlog rumah) adalah tantangan yang harus kita jawab bersama,” tegas James.

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me