2020, Bogor-Jakarta Bisa Lewat Stasiun Sukaresmi Lho!

Big Banner
Moda transportasi KRL kini kian jadi andalan masyarakat untuk menunjang aktivitas keseharian mereka. Foto: Rumah123/Jhony Hutapea

Udah tahu belum? Akan ada stasiun baru di Kota Bogor. Jadi, para komuter tak lagi menumpuk hanya di Stasiun Bogor yang kian padat saja dari hari ke hari.

Hadirnya sebuah stasiun lagi di Bogor diprediksi akan mendukung mobilitas warga dari Bogor ke Jakarta atau sebaliknya. Kereta rel listrik (KRL) merupakan moda transportasi favorit untuk wara-wiri jarak jauh bagi warga yang tinggal di kota penyangga Ibu Kota .

Kalau selama ini yang kamu tahu adalah Stasiun Bogor, kini sedang disiapkan hadirnya Stasiun Sukaresmi. Lokasinya antara Cilebut dan Bogor, dekat dengan underpass Jalan KH Soleh Iskandar, Bogor. Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor mengklaim kehadiran Stasiun Sukaresmi akan mengurai kepadatan di Stasiun Bogor hingga 30 persen.

Baca juga: Asyik, Hunian TOD di Bogor Selesai 2019 

“Kalau untuk mengurai bisa sekitar 30 persen dari total jumlah penumpang, khususnya wilayah Bogor Utara bisa ke situ. Orang ke Sentul bisa juga turun di situ,” kata Ketua Tim Percepatan Pelaksanaan Prioritas Pembangunan (TP4), Yayat Supriatna, seperti dikutip KompasProperti, Senin (11/9/2017).

Menurut Yayat, rencana membangun Stasiun Sukaresmi sudah lama disebut-sebut. Beberapa tahun lalu, Yayat mengatakan bahwa Pemkot Bogor telah bekerja sama dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub), namun pembangunan Stasiun Sukaresmi tertunda.

“Padahal Pemkot sudah bebaskan lahannya dan sudah bangun jalan. Cuma waktu itu kerja sama tidak berlanjut dan menggantung,” kata Yayat.

Baca juga: Siapa Bilang Jakarta-Bogor Jauh? Saat Ini, Akses Semakin Mudah Lho

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno baru-baru ini mendatangi Balai Kota Bogor dan menemui Wali Kota Bogor Bima Arya untuk membangun proyek hunian berkonsep transit oriented development (TOD) di Stasiun Bogor. Pada kesempatan ini Pemkot  Bogor sekaligus memohon izin untuk pembangunan Stasiun Sukaresmi.

Kereta commuter line saat ini merupakan andalan moda transportasi masyarakat dan kian diminati. Lihat saja,  pada jam operasional pagi dan sore, KRL penuh sesak. Penumpang KRL Bogor-Jakarta jumlah penumpangnya ratusan ribu per hari.

Baca juga: Catat Ya, Rusun di Atas Stasiun Segera Berdiri di Tanah Abang, Pondok Cina, dan Bogor

Pemkot Bogor telah membebaskan lahan dan membangun jalan tembus untuk pembangunan Stasiun Sukaresmi. Hal itu sudah mulai diupayakan beberapa tahun lalu, saat Pemkot Bogor pertama kali membahasnya dengan Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

Menurut Yayat, adanya Stasiun Sukaresmi akan menjadi pusat pertumbuhan baru bagi Kota Hujan tersebut. Perihal kepastian kapan akan dibangunnya, menurut Yayat, masih menunggu izin dari Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub. Namun, Pemkot Bogor menargetkan Stasiun Sukaresmi akan beroperasi pada 2020.

 

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me