Mengubah Gudang Raksasa Jadi Sekolah Guru, Wah Patut Ditiru Nih!

Big Banner
Gudang yang Dialihfungsikan Menjadi Mixed-Use Development oleh Archimania (Rumah123/Dezeen)

Desain interior gedung ini terlihat keren dengan memadukan elemen kayu yang modern serta beton yang masih terpelihara dan tekstur bata yang terekspos.

Bangunan ini merupakan mixed-use development bernama Crosstown Concourse di Memphis, negara bagian Tennessee, Amerika Serikat. Salah satu bagian gedung ini mencakup fasilitas pendidikan Memphis Teacher Residency.

Baca juga: Rumah “Tanpa Dinding”? Wah, Kalau Tetangga Ngintip Gimana Dong?

Siapa menyangka kalau bangunan yang berdesain interior kekinian ini dulunya merupakan gudang industri setinggi 10 lantai. Gudang ini sempat tidak dipakai selama bertahun-tahun.

Gudang ini dibangun pada 1927 silam. Bangunan bergaya Art-deco ini juga terdaftar dalam National Register of Historic Places.

Baca juga: Satu Kamar, Dua Warna? Bisa Dicoba untuk Pembagian Ruang Tidur Anak

Lantaran itu juga biro arsitek Archimania tidak mengubah banyak tampilan gedung yang tergolong bangunan bersejarah. Biro arsitek lokal ini hanya memadukan beberapa material tambahan dalam desain interior.

Archimania mengubah gudang menjadi “hunian vertikal kaum urban” yang terdiri dari perkantoran, restoran, pertokoan, dan apartemen.

Baca juga: Sstt, Yuk Main ke Markas Agen Rahasia

Salah satu bagian yang kosong diubah menjadi kantor baru Memphis Teacher Residency, sebuah organisasi nirlaba yang mendidik para guru yang akan mengajar di sekolah-sekolah.

Ruangan seluas 1.993 meter persegi ini berisi ruang staf, ruang kelas yang fleksibel, dan ruang berkumpul untuk makan dan melakukan kolaborasi.

Baca juga: Indonesia Kan Negara Maritim, Kok Belum Punya Pelabuhan Keren Kayak Gini Sih?

Archimania mempertahankan sejumlah bagian gedung serta menambahkan elemen grafis untuk mempercantik ruangan.

“Tujuannya adalah menghormati struktur bangunan yang ada dan memberikan kontribusi kontekstual kepada kota, material sebelumnya menjadi kontras dengan beton dan bata, termasuk bekas tanda atau kerusakan di dinding,” ujar juru bicara Archimania kepada situs desain dan arsitektur Dezeen.

Baca juga: Revitalisasi Kota Tua, Seharusnya Begini Cara Melestarikan Kawasan Jadul

Wah, banyak ya alih fungsi bangunan di luar negeri. Gedung tua yang tentunya masih kokoh beralih fungsi dan bisa digunakan lagi.

Seharusnya, gedung tua atau bangunan tidak terpakai di Indonesia bisa beralih fungsi ya. Bangunan tersebut dapat dialihfungsikan menjadi sekolah, perpustakaan, perkantoran, pertokoan, hotel, atau apa saja.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me