Mari, Nyantai di Balkon Rumah!

Big Banner

Foto: Rumah123/iStock

Kamu ingin punya rumah yang ada balkonnya? Bayangkan kalau kamu berdiri di sana dan memandangi sekeliling,  lalu kamu merasa happy ga? Kalau ya, paling ga kamu paham arti balkon buat rumah. Bisa untuk gaya-gayan, bisa juga karena manfaatnya.

Biasanya balkon ada di rumah bertingkat. Meski ada orang yang beranggapan balkon rumah ga gitu penting, namun sebenarnya banyak juga lho fungsi balkon. Mau tahu?

Memperlebar pandangan. Karena terletak di lantai atas, balkon memiliki jendela pandang yang lebih luas dari lantai di bawahnya. Hal ini menjadikan balkon sebagai tempat yang tepat untuk menikmati pemandangan lingkungan sekitar rumah.

Baca juga: Balkon Hijau Penuh Tanaman, Mau Bikin Juga Ga?

Pembeda tingkat rumah. Keberadaan balkon dapat menegaskan perbedaan lantai dasar dan atas. Balkon juga menegaskan perbedaan skala bangunan dan arah hadap.

Elemen dekoratif. Balkon membuat tampilan fasad rumah menjadi lebih ’’hidup’’.

Penanda. Desain balkon yang unik dapat dijadikan penanda atau pembeda rumah kamu dari lainnya.

Ekspresi selera. Desain balkon menjadi cara kamu sebagai pemilik rumah menunjukkan selera pribadi saat mendesain rumah.

Payung peneduh. Posisi balkon yang menjorok keluar menyisakan ruang dan seolah ‘memayungi’ lantai di bawahnya dari sengatan panas matahari.

Nah, sekarang kalau kamu membangun rumah atau memilih rumah yang ada balkonnya, sedikit atau banyak kamu sudah tahu fungsinya. Nah, sekarang gimana cara mendekornya? Berikut ini tips untuk menghidupkan balkonmu:

Baca juga: Jangan Cuma Pengen Santai di Teras, Tapi Jagain Furniturnya Juga Dong!

Luas Balkon. Kalau balkonmu cukup luas, kamu bisa meletakkan seperangkat kursi dan meja. Tapi, kalau sempit, letakkan saja sebuah kursi atau sofa di salah satu sudutnya.

Bantal-bantal. Supaya kamu atau anggota keluargamu bisa duduk-duduk dengan nyaman di balkon, tambahkan bantal-bantal empuk pada kursi atau sofa di balkonmu. Pilih bantal yang nyaman untuk dipeluk atau untuk mengganjal pinggangmu, atau juga untuk jadi alas dudukmu. Jangan lupa serasikan warna bantal-bantalmu dengan warna kursi/sofa/meja di balkon agar lebih menawan.

Bacaan. Kalau memungkinkan, letakkan rak vertikal yang simpel di balkon untuk meletakkan bacaan favoritmu dan keluarga. Bisa berupa buku, majalah, koran, komik, dll. Selingi dengan benda-benda koleksi atau pot tanaman kecil. Dijamin tampilan balkonmu ga akan membosankan deh!

Baca juga: Mendesain Ruang Santai di Atap

Karpet Kecil. Kehadiran karpet mini di balkonmu akan memberikan tambahan kenyamanan. Letakkan karpet atau tikar lampit di bawah meja-kursi di balkon. Bila meja-kursimu polos saja, kamu bisa memilih karpet yang bermotif. Sebaliknya, kalau sofa atau kursimu bermotif, pilihlah karpet yang polos. Gampang kan?

Kalau ukuran balkonmu terbilang sempit, coba hamparkan saja karpet yang tebal ataupun tikar lampit yang simpel, berikut bantal-bantal yang empuk dong. Tanpa kehadiran kursi/sofa-meja pun balkonmu tetap jadi tambahan ruang yang asyik lho….

Lampu Dekoratif. Supaya lebih oke, lampu biasa di balkon coba kamu ganti dengan lampu gantung. Bisa juga sih dengan lampu yang ditempel di dinding di sudut balkon. Kalau kamu pengin lebih semarak atau berkesan dramatis, gunakan lampu-lampu kecil di sepanjang balkon. Lampu yang bentuknya unik bisa mempercantik tampilan balkonmu saat siang.

Baca juga: Cara Merawat Sarung Bantal Sesuai Bahannya

Tanaman. Tanaman selalu menghidupkan ruang di mana pun, tak terkecuali di balkon. Tanaman, lebih-lebih yang berbunga, bisa kamu tempatkan dalam vas lalu letakkan di atas meja. Kalau tanaman bonsai bisa kamu tempatkan di pot kecil.

Bisa juga kamu gantung tanaman di pot kecil untuk balkonmu. Kalau pot tanamannya agak besar, kamu bisa meletakkannya di sudut balkon. Bisa juga kamu tempatkan pot tanaman sepanjang balkon. Dengan tangkai dan bunga yang menjulur, balkonmu pun akan tampak atraktif.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me