4 Hunian TOD yang Kamu Perlu Tahu, Cek Ya!

Big Banner

 

Ilustrasi (Foto: Rumah123/iStock)

Sudah tahu kan hunian berkonsep Transit Oriented Development (TOD)? Rumah susun (rusun) di atas stasiun kereta api ini saat ini sedang giat dipersiapkan dan segera dibangun. PT Waskita Karya Tbk (WSKT) melalui anak usahanya, PT Waskita Realty, berkolaborasi dengan PT Kereta Api Indonesia (KAI) siap mengembangkan 4 kawasan TOD.

PT Waskita Realty akan membangun hunian TOD di stasiun kereta api listrik (KRL) di lahan milik PT KAI. Keduanya akan bekerja sama dalam hal build, operated and transfer (BOT) dengan jangka waktu sekitar 50 tahun.

Baca juga: Asyik, Hunian TOD di Bogor Selesai 2019

Direktur Utama PT Waskita Realty, Tukijo, mengatakan, pengembangan TOD tersebut ditujukan untuk mengembangkan hunian yang terintegrasi dengan transportasi publik, sehingga diharapkan i kemacetan jalan raya berkurang karena mobilitas para penghuni juga berkurang.

Inilah 4 hunian TOD besutan Waskita Realty:

Pertama, berlokasi di Stasiun Bogor dengan luas sekitar 6,5 hektare. Akan berdiri 8 menara setinggi 18 lantai berkapasitas sekitar 1.500 unit. Investasinya diperkirakan Rp 1,6 triliun dan ditargetkan akan groundbreaking pada 5 Oktober 2017 dan rampung sebelum Oktober 2019.

“Sedangkan pemasaran baru akan kami mulai tiga bulan setelah groundbreaking dan harga jualnya masih kami kaji,” kata Tukijo seperti dikutip Kontan.co.id, Senin (11/9).

Baca juga: Hunian TOD Pondok Cina Lebih Murah Daripada yang di Tanjung Barat, Mau?

Kedua, di Stasiun Bekasi seluas 3,2 hektare. Rencananya akan dibangun 6 menara dan akan mulai groundbreaking pada awal Januari 2018.

Di dekat Stasiun Bekasi ini, Waskita Realty akan mengakuisisi lahan seluas 16 hektare yang nantinya akan dikembangkan menjadi kawasan TOD yang juga bersamaan dengan pengembangan TOD berkolaborasi dengan KAI.

Ketiga, akan dibangun di antara Stasiun Bogor dan Sukabumi. Groundbreaking dilaksanakan pada 10 November 2017.

“TOD yang akan di-groundbreaking pada 10 November tersebut sesuai dengan permintaan Menteri Perhubungan untuk diresmikan pembangunannnya bersamaan dengan groundbreaking proyek double track Bogor-Sukabumi,” kata Tukijo menjelaskan.

Keempat, masih belum bisa dipublikasi.

Nah, buat kamu yang masih milih-milih hunian, silakan mempertimbangkan ke-4 hunian TOD tersebut.

 

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me