Eliza Fazia, Filosofi Til Samman”

Big Banner

HousingEstate.com, Jakarta – Eliza Fazia (50) berhasil memenuhi impiannya bekerja di gerai furnitur dan perabot rumah tangga asal Swedia yang mendunia IKEA. Begitu Ikea membuka lowongan untuk mengoperasikan tokonya di Indonesia, Eliza segera menyampaikan lamarannya dengan sepenuh hati. Ini memang rezeki, its my dream job bisa diterima tanpa ada kenalan. Semua berjalan seperti umumnya, kata perempuan yang diangkat menjadi Country Marketing Manager Ikea Indonesia sejak tiga tahun silam ini.

Eliza Fazia | Foto : housing-estate.com

Eliza Fazia | Foto : housingestate.com

Sarjana psikologi dari Universitas Indonesia ini sebelumnya berkutat di dunia periklanan dengan klien beberapa perusahaan multinasional. Setiap ada kesempatan perjalanan bisnis ke luar negeri, Eliza sejak dulu selalu menyempatkan pergi ke toko Ikea. Kalau transit di Singapura, dari bandara saya langsung naik MRT (mass rapid transit) ke Ikea. Paling cuma beli barang-barang kecil tapi rasanya senang banget, ujar ibu dua putra ini.

Sekarang Eliza sehari-hari berkantor di toko Ikea di Alam Sutera, Serpong, Kota Tangerang Selatan (Banten). Tak lebih dari setengah jam, dari rumahnya di kawasan Ciledug, Kota Tangerang, ia sudah sampai ke kantornya melalui jalan tol. Eliza mengaku sangat menikmati lingkungan kerja di Ikea yang menganut keterbukaan, kesetaraan dan mengutamakan kebersamaan. Orang Swedia punya filosofi hidup til samman, artinya kurang lebih sama dengan gotong-royong di Indonesia. Filosofi itu diterapkan di Ikea. Jadi, segala sesuatu dibicarakan dan dikerjakan bersama-sama. Ini membuat saya bertambah nyaman, kata wanita berhijab ini.

Meski sudah terkenal di mancanegara, Ikea buat kebanyakan masyarakat Indonesia masih sangat asing, sehingga Eliza harus agak bekerja keras melakukan sosialisasi. Sekarang pengunjung toko Ikea di Alam Sutera tercatat sudah dua juta setiap tahun. Sebelum toko buka sedikit sekali yang tahu Ikea, paling lima persen dari kelas konsumen yang kita sasar. Sekarang sudah berkali-kali lipat (yang tahu), jelas Eliza sumringah.

housing-estate.com