Berada di Kawasan Rawan Kebakaran, Eksterior Rumah Ini Dirancang Anti Api

Big Banner
Rumah yang Didesain oleh Arsitek Glenn Murcutt (Rumah123/Dezeen)

Keluarga Donaldson masih tinggal di ibu kota Inggris, London saat berjumpa arsitek Glenn Murcutt. Keluarga ini menginginkan rumah peristirahatan di Sydney, Australia.

Keluarga ini berencana kembali ke Australia. Namun, sebelumnya mereka menginginkan adanya rumah peristirahatan.

Baca juga: Ruang Publik dan Akses Pejalan Kaki di Kawasan Bisnis, Keren Kan!

Rumah ini berada di Semenanjung Palm Beach, sebelah utara Sydney. Rumah ini berada di dekat pantai dan dikelilingi oleh semak-semak.

Keluarga Donaldon meminta Murcutt untuk mendesain rumah dengan lima kamar tidur. Keluarga ini memiliki tiga anak.

Baca juga: Fasad Sekolah Dipasangi 12.000 Panel Solar, Bisa Ngirit Listrik 50 Persen!

Proyek pembangunan rumah peristirahatan ini memakan waktu lama, memakan waktu hingga sepuluh tahun. Pembangunan rumah ini baru selesai pada September 2016.

Rumah ini memiliki lima kamar tidur, dapur, ruang makan, ruang duduk, ruang tamu, beranda, ruang penyimpanan, hingga kamar mandi luar ruangan.

Baca juga: Rumah “Tanpa Dinding”? Wah, Kalau Tetangga Ngintip Gimana Dong?

Yang menarik dari rumah ini adalah Murcutt mengaplikasikan pelapis berwarna hitam pada bagian eksterior. Lapisan ini dipilih lantaran lokasi rumah berada di kawasan rawan kebakaran.

Jendela juga dibuat dari kaca yang memiliki pelapis dan dibingkai dalam rangka baja agar bisa tahan dengan bara api. Tidak hanya itu, ada penyimpanan air yang tidak hanya digunakan untuk mandi dan kebutuhan sehari-hari, tetapi juga dapat dipergunakan untuk memadamkan api.

Baca juga: Satu Kamar, Dua Warna? Bisa Dicoba untuk Pembagian Ruang Tidur Anak

Murcutt juga harus mendesain rumah dengan memenuhi sederetan peraturan yang ada. Rumah berada di atas pondasi beton dan dinding kayu diaplikasikan pelapis dari metal.

Pada Agustus 2016 lalu, kawasan pantai Palm Beach dilanda kebakaran besar. Hal ini membuat Murcutt mendesain rumah anti api.

Baca juga: Sstt, Yuk Main ke Markas Agen Rahasia

Murcutt memang dikenal detil dalam mendesain bangunan terkait kondisi iklim dan sensitif terhadap lanskap. Saat mendesain rumah ini, dia merancang rumah bisa menyatu dengan lingkungan yang unik.

Dia lahir di London, Inggris. Namun, dia besar di Papua Nugini, kemudian dia pindah ke Sydney saat remaja. Dia memulai menjadi arsitek profesional sejak 1969. Arjsitek yang berusia 81 tahun ini pernah memenangkan sejumlah penghargaan termasuk Pritzker Prize 2002.

Baca juga: Indonesia Kan Negara Maritim, Kok Belum Punya Pelabuhan Keren Kayak Gini Sih?

By the way, rumah ini sekarang disedang dipasarkan dengan harga 2,5 juta pound (Rp44 miliar). Kamu tertarik membeli?

Hmm, kalau membangun hunian memang harus memerhatikan lingkungan sekitar. Lantaran kamu tinggal di Indonesia, kamu harus tahu kalau negeri ini rentan bencana gempa bumi, gunung meletus, banjir, tanah longsor, kebakaran hutan, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Revitalisasi Kota Tua, Seharusnya Begini Cara Melestarikan Kawasan Jadul

Paling tidak, kamu bisa membangun rumah yang tahan gempa karena Indonesia terletak di jalur cincin api. Jalur ini memiliki 75 persen gunung berapi di Bumi. Jangan heran kalau 90 persen gempa terjadi di kawasan yang berada di jalur ini.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me