Harga Sewa Hunian Jakarta Lebih Mahal dari Hong Kong?

Big Banner
Hong Kong (Rumah123/iStockphoto)

Hong Kong menjadi kota dengan harga hunian termahal di dunia. Jangan heran kalau ada apartemen dengan luas 46 meter persegi bisa mencapai Rp 5,1 miliar!

Kawasan yang bergabung dengan Tiongkok dari Inggris pada 1999 ini memang memiliki lahan terbatas. Mahalnya harga hunian di Hong Kong lebih tinggi dari London (Inggris) atau New York (Amerika Serikat).

Baca juga: Kenaikan Capai Dua Digit, Pertumbuhan Pasar Hunian Mewah Melambat

Pernah membayangkan kalau harga sewa hunian di Jakarta justru lebih mahal dari Hong Kong? Mungkin kamu nggak percaya ya.

Perusahaan konsultan PricewaterhouseCoopers melakukan riset untuk mengetahui besaran pendapatan pekerja dan juga besar sewa hunian di sebuah kota. Riset ini dilakukan di 30 kota besar dunia yang berada di lima benua.

Baca juga: Gaji Kecil, PHK, dan Inflasi Bikin Penjualan Hunian Turun Drastis

Konsultan asal Inggris ini mengungkapkan berapa rata-rata penghasilan pekerja di sebuah kota, rata-rata harga sewa hunian, dan rasio dari gaji yang dihabiskan untuk sewa hunian. Hasilnya dilansir oleh Rentcafe.

Siapa menyangka kalau Jakarta memiliki rasio 37 persen. Artinya pekerja harus merogoh 37 persen dari gajinya untuk menyewa hunian.

Baca juga: Kawasan Sub Urban Lebih Hidup Karena Pengaruh Milenial, Beneran Lho

Sementara pekerja di Hong Kong hanya perlu mengeluarkan 32 persen gajinya untuk menyewa hunian. Persentase Jakarta memang lebih tinggi, bahkan dibandingkan dengan kota-kota lainnya.

Sejumlah kota besar lainnya malah tergolong lebih murah seperti Tokyo 31 persen, Beijing 27 persen, Shanghai 28 persen, atau Toronto 29 persen.

Baca juga: Di Sini Ada 625 Ribu Orang yang Punya Rumah Seharga Rp17,5 Miliar! Mau Gabung Ga?

Meski sebenarnya, kalau harga sewa dan gaji pegawai di Hong Kong memang lebih tinggi dibandingkan Jakarta, namun persentasenya memang lebih rendah.

Rata-rata gaji pekerja di Hong Kong mencapai 49.300 dollar AS (Rp654 juta), sedangkan rata-rata harga sewa hunian mencapai 15.600 dollar AS (Rp207 juta).

Baca juga: Badai Besar Datang, Industri Properti Bakal Terancam?

Sebaliknya rata-rata gaji pegawai di Jakarta hanya berkisar 29.000 dollar AS (Rp384 juta), sementara rata-rata harga sewa hunian mencapai 10.800 dollar AS (Rp143 juta).

Kalau mengetahui harga sewa hunian bisa menghabiskan 37 persen pendapatan kamu, seharusnya kamu berpikir kalau saatnya untuk punya hunian lho.

Baca juga: Tujuh Tahun Beruntun Jadi Kota Paling Nyaman di Dunia, Kota Apa Sih?

Memangnya kamu mau kalau 37 persen gaji kamu terbuang percuma hanya untuk membayar sewa? Mendingan juga mencicil rumah atau apartemen.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me