Lapangan Basket Warna Warni? Nah, Begini Desain Ruang Publik yang Keren

Big Banner
Lapangan Bola Basket yang Diubah dengan Mural oleh William LaChance (Rumah123/Dezeen)

Sebuah lapangan bola basket biasa berhasil diubah menjadi lebih keren dan menarik dengan hanya menambahkan mural. Seniman William LaChance yang mendesainnya.

Hasilnya memang luar biasa. Lapangan bola basket yang awalnya biasa saja dan membosankan, menjadi lebih kekinian.

Baca juga: Revitalisasi Kota Tua, Seharusnya Begini Cara Melestarikan Kawasan Jadul

Bentuk mural ini memang sederhana. Hanya bentuk geometri berupa garis yang membentuk bujur sangkar, segitiga, atau lingkaran.

Namun, ada garis putih yang menjadi pembatas sekaligus penanda lapangan bola basket. Warna yang digunakan adalah biru, hijau, merah, kuning, coklat, dan abu-abu.

Baca juga: Mengubah Gudang Raksasa Jadi Sekolah Guru, Wah Patut Ditiru Nih!

Lapangan bola basket ini berada di Kinloch Park, St Louis, negara bagian Missouri, Amerika Serikat. Lokasinya tidak jauh dari kerusuhan di kawasan Ferguson yang terjadi pada 2014 saat seorang remaja kulit hitam ditembak oleh polisi kulit putih.

LaChance berkolaborasi dengan organisasi non profit Project Backboard dalam pengerjaan proyek ini. Tujuan proyek ini adalah memberikan warna dan kehidupan baru untuk kawasan dan membangkitkan keinginan komunitas untuk berkumpul bersama melalui kegiatan olah raga.

Baca juga: Berada di Kawasan Rawan Kebakaran, Eksterior Rumah Ini Dirancang Anti Api

“Kinloch, Missouri merupakan lokasi yang sangat bagus karena memiliki latar belakang sejarah yang signifikan. Tetapi setelah beberapa tahun, muncul kemiskinan dan korupsi, sekarang kawasan ini seperti kota hantu, jadi kami berharap kalau proyek ini bisa mewujudkan adanya perubahan,” ujar LaChance seperti dikutip oleh laman desain dan arsitektur Dezeen.

Sebenarnya, ide ini sederhana kan? Hanya menambahkan mural pada ruang publik seperti lapangan basket dan menjadikannya lebih menarik.

Baca juga: Kawasan Bisnis yang Didesain Anti Cuaca Panas Gurun, Kayaknya Bisa Dipakai di Indonesia Ya

Seharusnya ruang publik seperti lapangan bulu tangkis, sepak bola, bola voli, bola basket, atau mungkin taman bermain anak yang sudah tidak menarik, bisa diubah menjadi lebih kekinian dengan mengubahnya seperti ini.

Kalau ruang publik menarik, tentunya masyarakat tertarik untuk berkumpul dan melakukan aktivitas bersama, kan?

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me