Atasi Banjir dengan Desain Rumah Terbuka dan Bertingkat, Mau Nyontek Ga?

Big Banner
Rumah yang Didesain oleh Nishizawa Architects (Rumah123/Dezeen)

Rumah ini berada di kota Chau Doc, provinsi An Giang, Vietnam. Lokasi rumah berada tidak jauh dari Sungai Mekong.

Sungai Mekong merupakan sungai terpanjang ke-12 di dunia dan ke-7 di Asia. Sungai ini memiliki panjang lebih dari 4.350 km dan melintasi Tiongkok, Myanmar, Laos, Thailand, Kamboja, dan Vietnam.

Baca juga: Revitalisasi Kota Tua, Seharusnya Begini Cara Melestarikan Kawasan Jadul

Kawasan ini rawan banjir besar. Hal ini membuat biro arsitek Nishizawa Architects yang merancang rumah ini menjadi rumah anti banjir.

Nishizawa Architects merupakan firma yang didirikan oleh arsitek asal Jepang, Shunri Nishizawa. Arsitek muda berusia 37 tahun ini pernah bekerja di biro arsitek milik arsitek legendaris Jepang, Tadao Andao selama empat tahun. Kemudian dia mendirikan biro arsitek sendiri di Ho Chi Minh City, Vietnam.

Baca juga: Mengubah Gudang Raksasa Jadi Sekolah Guru, Wah Patut Ditiru Nih!

Nishizawa Architects merancang rumah ini terbuka pada bagian dan belakang. Tidak ada dinding, hanya berupa lembaran seng bergelombang yang bisa digeser dan dibuka tutup.

Rumah ini memiliki tiga lantai dan dihuni oleh tiga keluarga. Saat melihat desain rumah ini, terlihat kalau ada sejumlah tiang besar dan beberapa akses tangga.

Baca juga: Berada di Kawasan Rawan Kebakaran, Eksterior Rumah Ini Dirancang Anti Api

Rumah dibiarkan terbuka pada bagian dalam, tanpa sekat atau pun dinding. Tentunya saat banjir melanda, penghuni hanya perlu pindah ke bagian atas.

Selain untuk mengatasi banjir, Nishizawa Architects juga mendesain rumah ini untuk mendapatkan sinar matahari yang berlimpah, memiliki sirkulasi udara yang baik, dan mempunyai pemandangan yang bagus.

Baca juga: Kawasan Bisnis yang Didesain Anti Cuaca Panas Gurun, Kayaknya Bisa Dipakai di Indonesia Ya

Kamu tinggal di kawasan banjir atau sedang membangun rumah di dekat sungai atau pantai? Desain rumah ini bisa menjadi “bahan contekan” lho.

Kamu hanya perlu menyesuaikan dengan kondisi lingkungan. Kalau tinggal di kawasan tepi sungai atau laut, kamu memang perlu merancang bangunan anti banjir lho.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me