Mau Lihat Rumah Mungil Plus Perpustakaan untuk Kaum Urban?

Big Banner
Hunian yang Didesain oleh Sam Jacob (Rumah123/Dezeen)

Kehidupan kaum urban di masa mendatang akan menempati hunian yang kecil, namun bisa memenuhi semua kebutuhan. Hal ini diungkapkan oleh arsitek asal Inggris, Sam Jacob dalam rancangannya.

Jacob berkolaborasi dengan produsen mobil asal Inggris, MINI untuk membuat desain hunian kecil dalam penyelenggaraan London Design Festival 2017.

Baca juga: Rumah “Tanpa Dinding”? Wah, Kalau Tetangga Ngintip Gimana Dong?

Dia adalah principal architect dari biro arsitek Sam Jacob Studio. Dia juga merupakan profesor arsitektur di Universitas Illinois, Chicago, Amerika Serikat.

Proyek ini bernama MINI Living Project. Jacob merancang sebuah hunian seluas 15 meter persegi. Hmm, lebih luas dari apartemen studio di Indonesia ya, yang bisa mencapai 20 meter persegi.

Baca juga: Satu Kamar, Dua Warna? Bisa Dicoba untuk Pembagian Ruang Tidur Anak

Dia mencoba mengeksplorasi bentuk baru dari kehidupan kaum urban. Dia mendesain hunian yang mungil.

Jacob memasukkan lemari perpustakaan sebagai bentuk reaksi kalau banyak perpustakaan umum di Inggris ditutup karena pengurangan biaya dan juga era digital. Semua buku yang dipajang memiliki tema London.

Baca juga: Berada di Kawasan Rawan Kebakaran, Eksterior Rumah Ini Dirancang Anti Api

Dia memasukkan adaptasi dari kehidupan masyarakat di London. Dia memasukkan meja yang bisa dilipat untuk membentuk area makan yang tidak formal.

“Hmm, ini merupakan jati diri. Kamu tahu ketika kamu pergi ke rumah orang dan melihat rak buku? Kamu akan menemukan tipe apakah mereka dari buku yang mereka punya di rak,” ujar Jacob kepada laman desain dan arsitektur Dezeen.

Baca juga: Atasi Banjir dengan Desain Rumah Terbuka dan Bertingkat, Mau Nyontek Ga?

Kalau melihat desain rumah mungil ini, hunian ini memang lebih cocok untuk orang yang masih tinggal sendiri. Hunian ini hanya mencakup area tidur, makan, dan mandi. Meski bagian rak buku terlihat cukup besar.

Seandainya, kamu memiliki apartemen studio, kamu bisa meniru desain yang dirancang oleh Jacob ini. Jadi deh hunian mini ala kaum urban.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me