7 Syarat Lemari Pakaian Ideal! Bajunya?

Big Banner
Foto: Rumah123/iStock

Untuk masa sekarang ini, tinggal di rumah tapak ataupun apartemen bisa sama saja ukuran luasnya, sama-sama terbatas. Harga tanah yang kian meningkat, ‘memaksa’ pengembang untuk membangun dan mengembangkan hunian yang mini. Selain praktis, hunian yang minimalis juga berharga terjangkau sehingga banyak yang bisa membelinya, termasuk mungkin kamu.

Kalau kamu punya hunian yang luasnya minimalis, tentunya kamu harus pinta-pintar mendesain dan mendekornya sesuai sikon sehingga tercipta hunian yang nyaman meskipun mungil. Nah, tentunya termasuk kamu kudu pintar memilih furnitur untuk semua ruangan.

Baca juga: Trik Menyulap Dinding Jadi Lemari

Apa saja pertimbangan saat kamu memilih lemari pakaian yang tepat untuk luas kamar yang terbatas?

Ke-1, ukurannya tepat. Sesuaikan ukuran lemari pakaian dengan luas kamar. Kamu pastinya ga mau kalau kehadiran lemari pakaian itu bisa bikin kamarmu jadi sesak atau menghalangi pergerakanmu di dalam kamar, bukan?

Jadi, pilih bentuk lemari yang ramping dan tinggi. Model seperti ini akan tampak sederhana, namun berkesan elegan, fungsional, dan menyatu dengan suasana kamar yang minimalis.

Ke-2, materialnya kuat dan tahan lama. Pilih lemari pakaian yang bahan dasarnya kuat semisal kayu. Pastikan kayunya berkualitas nomor satu semisal kayu jati. Selain kuat, perabot berbahan kayu jati punya nilai estetika sehingga tampak artistik.

Agar lebih fungsional, bisa juga kamu pilih lemari kayu yang sekaligus punya cermin di bagian pintu depannya, sehingga lemari pakaianmu berungsi ganda untuk bercermin juga.

Baca juga: Ga Cuma di Kulit Kotor, Jamur Juga Hobi Muncul di Lemari Pakaian

Ke-3, desainnya praktis. Pilih desain lemari pakaian yang sesuai dengan kebutuhan. Artinya, lemari pilihan yang kamu pilih itu cocok untuk memuat pakaianmu dan barang-barang kebutuhan lain, serta klop dengan sikon kamarmu.

Untuk menyiasati ruangan yang kecil, model lemari dengan pintu geser akan lebih baik. Lemari model ini tidak akan bikin ruangan kamar jadi sempit karena lemari terasa jadi bagian dari kamar.

Ke-4, warnanya aman. Warna lemari pakaian adalah penting karena dapat memengaruhi keindahan ruangan. Pilih lemari pakaian yang warnanya cocok dengan tema dan desain kamar tidur. Serasikan juga warna lemari dengan berbagai perabotan lain di kamar.

Kalau mau amannya sih pilih saja yang berwarna netral, yakni putih, hitam, abu-abu, kuning gading, atau cokelat. Warna-waran tersebut tergolong aman bila disandingkan dengan warna lain.

Baca juga: Bikin Kamar di Rumah Senyaman Kamar Hotel Ternyata Ga Susah Ya!

Ke-5, bisa dibongkar pasang. Pilihlah lemari pakaian jenis knock down atau yang bisa dibongkar pasang. Dengan begitu, kamu ga harus memilih lemari pakaian kecil dan pendek karena kapasitas muatnya sedikit.

Ke-6, harga. Memang urusan harga selalu menjadi yang terakhir, tetapi menjadi penentu keputusan. Untuk itu, ada baiknya Anda jauh-jauh hari sudah menyiapkan anggaran khusus guna membeli lemari.

Ke-7, harganya terjangkau. Lemari pakaian bukanlah termasuk kebutuhan primer. Jadi, kamu ga perlu buru-buru membelinya kalau memang belum ada anggarannya. Ga perlu juga beli lemari pakaian yang berharga mahal.

Buatlah rencana dulu sebelum kamu membeli lemari pakaian. Setelah tahu pasti lemari pakaian seperti apa yang mau kamu beli, kamu bisa mengumpulkan uangnya sedikit demi sedikit. Kalaupun kamu sudah punya uang tunainya, tetap saja kamu harus membuat rencana sebelum membelinya.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me