Begini Persiapan Paris Sambut Olimpiade 2024, Coba Indonesia Tiru Juga Buat Asian Games 2018

Big Banner
Masterplan Olimpiade Paris 2024 oleh Populous & Egis (Rumah123/Dezeen)

Ibu kota Prancis, Paris akan menjadi tuan rumah Olimpiade musim panas 2024 mendatang. Sejumlah persiapan sudah dilakukan meski perhelatan olah raga ini masih tujuh tahun lagi.

Biro arsitek Populous dan konsultan teknik Egis akan mengubah tampilan kota mode ini. Kedua pihak ini akan berkolaborasi merancang masterplan. Populous dikenal sebagai salah satu biro arsitek yang punya spesialisasi membangun arena olah raga.

Baca juga: Wuih Keren, Klub Bola Ini Selalu Punya Stadion Yang Ramah Lingkungan

Salah satu terobosannya adalah memasang sebuah lapangan bola voli pantai di bawah Menara Eiffel. Populous dan Egis ingin membuat 38 arena olah raga tersebar di seluruh kita.

Keduanya tidak ingin kalau Olimpiade dilakukan secara terpusat seperti penyelenggaraan turnamen olah raga lainnya. Biasanya, perhelatan olah raga akan terpusat di sebuah kompleks stadion dan arena.

Baca juga: Menyaksikan Aksi Cristiano Ronaldo di Stadion Philip II Arena

Rencananya, Olimpiade 2024 akan memanfaatkan sejumlah bangunan yang sudah ada di Paris. Sementara sejumlah arena temporer alias tidak permanen akan dipasang di sejumlah tempat menarik di Paris.

Menara Eiffel, kawasan Champs-Elysees, dan Sungai Seine akan menjadi latar belakang arena tidak permanen ini. Populous ingin menarik perhatian publik Paris.

Baca juga: Rumah Keren Arsitek Spesialis Stadion, Yuk Main ke Sini

“Salah satu tantangan adalah mengubah bangunan bersejarah Paris menjadi arena olah raga, mengadaptasi dari peraturan Olimpiade dan Paralyimpic,” ujar Project Director Egis, Diogo Taddei kepada situs desain dan arsitektur Dezeen.

Populous dan Egis berupaya memahami bagaimana setiap olah raga dan cabang olah raga bisa dipertandingkan di arena yang ada. Hal ini memang tidak mudah.

Baca juga: Stadion Baru Chelsea Akan Saingi Rival Klasik Arsenal

“Mengubah beberapa bangunan bersejarah dan paling indah di dunia menjadi arena sementara bagi olah raga akan menyuguhkan pemandangan tidak terlupakan bagi seluruh dunia,” ujar Senior Principal Populous, Ben Vickery.

Jadi nggak sabar ya kalau melihat pertandingan voli pantai yang diselenggarakan di bawah Menara Eiffel, apalagi kalau bisa menonton langsung.

Baca juga: Mau Hadir di Piala Dunia 2022? Ada Stadion Berbentuk Peci Lho

Indonesia kan mau jadi tuan rumah Asian Games 2018. Jakarta dan Palembang akan menjadi tuan rumah. Pernah nggak sih membayangkan kalau Lapangan Monas jadi arena olah raga?

Keren kan kalau ada pertandingan Asian Games dengan latar belakang Monas, penonton dari Asia atau negara lain akan mengetahui bangunan ikonik Indonesia, ketimbang pertandingan di stadion atau arena indoor, kan?

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me