Tahap Pertama Pemerintah Akan Keluarkan Rp2,5 Triliun untuk Tapera

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Pemerintah masih terus mematangkan pembentukan  tabungan perumahan (Tapera) menyusul pengesahan UU No. 4/2016 mengenai Tapera bulan Februari tahun lalu. Hingga saat ini aturan turunan terkait pelaksanaan teknis UU itu masih terus dibahas.

Ilustrasi

dok. housing-estate.com

Terakhir, pemerintah berencana menggelontorkan anggaran sebagai modal awal Tapera sejumlah Rp2,5 triliun melalui skema penyertaan modal negara (PMN). Hal itu dikemukakan Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan Suahasil Nazara saat rapat pembahasan asumsi dasar, pendapatan, defisit, dan pembiayaan APBN 2018 bersama Badan Anggaran (Banggar) DPR di Jakarta, Senin (25/9).

“PMN Rp2,5 triliun itu untuk Tapera sebagai modal awal pembentukan badan pekerja (BP)-nya. Salah satu poinnya, untuk pembiayaan investasi dan penjaminan Tapera dengan asumsi dasar anggaran yang akan dikeluarkan Rp2,5 triliun pada tahap pertama,” jelasnya.

Bila nanti sudah terbentuk, Tapera akan memotong sebagian gaji setiap pekerja di Indonesia termasuk pekerja asing untuk tabungan perumahan. Besaran iuran belum ditentukan hingga saat ini. Prinsip Tapera, gotong royong dari seluruh pekerja di Indonesia untuk pembiayaan pemilikan rumah. Siapa yang berhak lebih dulu mendapatkan dukungan pembiayaan pemilikan rumah itu dan aturan teknis lain, hingga saat ini juga masih dibahas aturan teknisnya.

 

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me