Hunian Masa Depan Itu Yang Dekat Jalur Transportasi Massal

Big Banner

HousingEstate.com, Jakarta – Pengembang Australia asal Indonesia, Iwan Sunito (Group CEO Crown Group), mengapresiasi pengembangan proyek infrastruktur yang dilakukan pemerintah Indonesia. Menurutnya, percepatan pembangunan infrastruktur merupakan langkah tepat untuk menjawab permasalahan transportasi dan percepatan pertumbuhan hunian di perkotaan.

Iwan Sunito (Group CEO Crown Group)

Iwan Sunito (Group CEO Crown Group)

“Berdasarkan laporan Departemen Ekonomi dan Sosial PBB, sejak tahun 2014 tren urbanisasi global akan terus meningkat hingga porsinya akan mencapai 66 persen penduduk tinggal di perkotaan pada tahun 2050. Lonjakan itu harus direspon dengan langkah-langkah yang tepat, salah satunya percepatan pembangunan infrastruktur, “ katanya melalui siaran pers yang diterima housingestate.com di Jakarta, Senin (25/9).

Proyek infrastruktur, lanjut Iwan, akan membuat tren baru hunian perkotaan dan ini sudah mulai terlihat di kota-kota besar di Indonesia. Bagaimana proyek transportasi massal seperti mass rapid transit (MRT) dan light rapid transit (LRT) telah mendorong banyak hunian vertikal dikembangkan di sepanjang lintasannya, dan itu masih akan terus berkembang.

Iwan mencontohkan pengembangan proyek infrastruktur di Australia yang dalam beberapa hal mirip dengan yang dilakukan di Indonesia. Semenjak pemerintah negara bagian New South Wales (NSW) melakukan banyak pembangunan infastruktur, banyak pemukiman baru yang muncul di sepanjang jalur transportasinya.

Hal itu membuat kota Sydney sebagia pusat kota bisnis di Australia menjadi sebuah jaringan laba-laba raksasa yang menghubungkan semua kawasan dengan berbagai pengembangan jalur infrastruktur transportasinya. Hal itu juga yang akhirnya menjadi faktor utama pendorong pertumbuhan industri properti di Australia.

“Kita harus melihat tren dan perubahan yang terjadi sangat dinamis. Sekitar 20-30 tahun lalu kita tidak mungkin bisa menjual hunian di dekat jalur kereta. Sekarang di jalur-jalur itu perkembangannya luar biasa, karena jalur kereta bisa jadi solusi hunian sekaligus transportasi yang efisien,” jelas Iwan.

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me