Rumah atau Hutan Nih?

Big Banner
Foto: Rumah123/iStock

Rumah tanpa tanaman, kebayang ga? Pastinya ada yang kurang kalau bukan gersang. Kehadiran tanaman di rumah memang bisa jadi penghidup dan penyemarak suasana. Tanaman bisa saja ditanam atau diletakkan di luar rumah, tapi bisa juga di dalam rumah sebagai penunjang interior.

Belum lagi tanaman juga bermanfaat bagi kesehatan penghuni rumah. Udara dalam ruangan bisa jadi lebih segar berkat oksigen (O2) yang dikeluarkannya saat siang. Kalau malam lebih baik tanaman dikeluarkan dari ruangan karena mengeluarkan karbondioksida (CO2).

Mata pun bisa lebih relaks ketika memandangi hijaunya tanaman. Tapi, menempatkan tanaman perlu pertimbangkan juga lho karena posisi di mana tanaman itu diletakkan juga berpengaruh pada keindahan ruangan.

Baca juga: Balkon Hijau Penuh Tanaman, Mau Bikin Juga Ga?

Satu tanaman kecil, bisa kamu letakkan di atas coffee table atau di dekat jendela. Jika tanaman berjumlah banyak, kamu dapat meletakkannya pada suatu tempat atau meja.

Berapa banyak tanaman yang bisa ditempatkan di rumah? Ah, itu tak ada aturannya, tergantung pada seleramu saja. Yang penting, kamu memastikan tanaman mendapatkan banyak cahaya. Berapa pun banyaknya jumlah tanamanmu, pastikan tanamanmu tertata dengan rapi.

Gimana kalau tanaman diletakkan di dapur? Tanaman yang diletakkan di dapur dapat ga saja bisa menghilangkan bau tak sedap, tapi juga bisa bikin suasana dapurmu jadi lebih segar. Lebih-lebih jika dapurmu cukup luas, tanaman akan menjadi benda yang tepat untuk melengkapi tampilan dapurmu.

Foto: Rumah123/iStock

Adakah cara yang tepat meletakkan tanaman di dapur? Kamu bisa saja pake pot kecil. Pot ukuran mini ini akan biikin dapurmu terasa lega. Tapi, hindari terlalu banyak mengisi dapurmu dengan tanaman. Cukup satu, dua, atau tiga, sesuaikan saja dengan kondisi dapurmu.

Kamu bisa saja menempatkan tanaman di sudut ruangan dapur. Pilih tumbuhan beraroma lemon yang mamancarkan harum yang segar di sudut ruangan dapur untuk menangkal bau dapur yang tak sedap. Bisa juga kamu menempatkan tanaman di dekat jendela. Buka jendela setiap pagi agar tanaman terkena sinar matahari.

Rutinlah menyiram tanamanmu agar tetap segar. Tanaman yang berada di dekat jendela juga bermanfaat menyaring keluar-masuknya oksigen dalam ruangan. Tanaman yang cocok dan mudah dibersihkan kalau diletakkan di dapur adalah tanaman dengan daun mengilap.

Baca juga: 10 Tanaman yang Cocok untuk Kebun Vertikal, Sudah Tahu?

Hindari meletakkan tanaman bunga di dekat bak cuci piring karena kelembapan dan sempotran air yang tercampur dengan sabun cuci piring bisa bikin bunga cepat layu, lalu mati.

Gimana kalau tanaman diletakkan di kamar mandi? Wow! Bisa saja, terutama kalau kamu ingin menciptakan kamar mandi bernuansa alami. Mau tahu tanaman indoor yang cocok dipelihara di kamar mandi? Coba letakkan tanaman-tanaman berikut ini: Bambu China, Anggrek, atau Lidah Mertua.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me