Lukisan Menaikkan Nilai Rumah

Big Banner

HousingEstate.com, Jakarta – Lukisan sebagai elemen dekoratif pada interior bisa menaikkan nilai rumah atau harga jualnya. Hal itu diungkapkan kurator Kuss Indarto saat mendampingi delapan seniman Indonesia berangkat ke China bersama Indonesia-China Art Association (ICAA) untuk mengikuti Beijing International Art Bienalle (BIAB) ke-7, 24 September-15 Oktober 2017 di National Art Museum of China, Beijing.

lukisan-rumah

“Sebuah rumah bisa dijual beserta lukisan di dalamnya. Itu sangat mungkin ketika lukisan itu sudah bernilai investatif. Orang bisa mendapat nilai lebih sebuah rumah (dengan adanya lukisan), mungkin juga terkait antara harga dan nilai  itu,” kata Kuss usai konferensi pers di galeri ICAA, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara, akhir pekan lalu.

Agar berdampak terhadap nilai rumah, ia mensyaratkan pemilihan jenis lukisan dan penempatannya yang selaras dengan interior dan arsitektur rumah. Ia mencontohkan asumsi yang layak diikuti. Yakni, rumah yang cenderung simpel modern mungkin lebih bagus dihiasi dengan lukisan abstrak dibanding karya yang ornamentik dan detail. Sebaliknya karya lukis yang realistis dan penuh detail, lebih pas untuk rumah bergaya lama atau hindis.

“Selera masing-masing orang pasti beda. Tapi, ada anggapan penaikan selera juga ada hubungannya dengan cara menempatkan lukisan seperti apa atau menyelaraskan dengan interior dan arsitekturnya,” jelas lulusan Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta itu. Penaikan selera yang dimaksudnya adalah, cara orang melihat karya seni tidak sekadar pengisi ruang sehingga cukup membeli yang berharga murah di pinggir jalan, tapi sampai pada tahap bisa menilai karya itu dari banyak unsur mencakup reputasi seniman hingga tahap investatif.

“Abstraknya (lukisan) dari tukang gambar di pinggir jalan dengan abstrak pelukis profesional itu beda. Komposisi dan konsepnya berbeda. Itu yang nanti orang bisa melihat, rumah mewah perlu diimbangi dengan lukisan yang dalam, menyangkut konsep dan proses kreatifnya,” urai Kuss. Ia mengaku sering menjumpai pengelola bank dan hotel hanya menempatkan karya lukis seadanya tanpa memikirkan konsep lukisan dan konteksnya dengan bangunan.

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me