Bank BTN: Penyalurkan Kredit Properti di Bogor Meningkat Pesat

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – BTN adalah bank yang fokus menyalurkan pembiayaan perumahan baik tapak maupun vertikal (apartemen). Menurut Suryanti Agustinar, Executive Vice President Non Subsidized Mortgage Lending Division Bank BTN, saat ini pembiayaan perumahan dari Bank BTN porsinya 80 persen merupakan rumah tapak dan sisanya apartemen.

KPR BTN Digital: Digital banking mengubah cara berpikir dan melakukan transformasi proses bisnis mengikuti perubahan pasar dan perkembangan teknologi. (Foto: Susilo Waluyo/HousingEstate).

foto : dok. Majalah Housing Estate

“Sekitar 60 persen porsi pembiayaan kami masih di kawasan Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bakasi). Khusus untuk wilayah Bogor peningkatannya setiap tahun sangat besar mencapai 15-20 persen per tahun. Sementara dari jumlah unit yang terbesar (yang dibiayai BTN) dari proyek properti di Tangerang,” katanya di sela-sela acara topping off apartemen Gardenia Bogor di Jalan KS Tubun Raya, Kota Bogor, Kamis (28/9).

Porsi penyaluran pembiayaan perumahan di Bogor, lanjut Suryanti, mencapai 20 persen dari seluruh kawasan Bodetabek dengan pembiayaan untuk sektor apartemen terus meningkat. Banyak faktor yang membuat peningkatan seperti di Bogor. Salah satunya karena Bogor merupakan lokasi yang banyak dicari untuk hunian dan perekonomian masyarakatnya terus meningkat.

“Untuk terus meningkatkan pembiayaan khususnya untuk apartemen, kami memberikan banyak program maupun promo. Seperti di apartemen Gardenia Bogor, kami mensyaratkan uang muka ringan mulai dari 10 persen dan bunga khusus delapan persen (tetap) untuk tiga tahun pertama, kemudian sembilan persen untuk tahun keempat. Setelah itu bunganya floating (mengambang mengikuti fluktuasi bunga pasar di counter Bank BTN). Banyak yang tadinya cicil langsung ke pengembang (tunai bertahap),  dialihkan ke kredit BTN,” ujar Suyanti.

housing-estate.com