Siapa Bilang Generasi Milenial Susah Punya DP Rumah?

Big Banner
Ilustrasi (Rumah123/iStockphoto)

Upaya untuk mengumpulkan uang muka (down payment) pembelian hunian (apartemen atau rumah) memang masih menjadi isu utama di banyak negara. Bahkan dalam riset terbaru pun masih terungkap hal yang sama.

Asosiasi agen properti di Amerika Serikat alias National Association of Realtors (NAR) merilis hasil riset terbaru yaitu Housing Opportunities and Market Experience. Laman bisnis Market Watch melansir hasil riset ini.

Baca juga: Edukasi Properti Itu Penting Banget Buat Milenial

Hasilnya lebih dari sepertiga responden menyatakan kalau mengumpulkan uang muka itu termasuk “sangat sulit”. Ada empat kategori dalam riset ini yaitu sangat sulit, agak sulit, tidak begitu sulit, dan tidak sulit sama sekali.

Yang unik adalah temuan riset ketika membandingkan hasil riset berdasarkan umur. Bagi responden berusia di bawah 34 tahun ke bawah yang menyatakan “sangat sulit” untuk mengumpulkan uang muka sebanyak 24 persen.

Baca juga: Sulitnya Mengubah Kultur Generasi Milenial, Wah Ini PR Banget Nih

Padahal mereka ini termasuk golongan milenial yang baru mulai bekerja dengan pendapatan masih terbatas dan tabungan juga mungkin belum banyak.

Yang merasa sulit mengumpulkan uang muka justru kelompok umur 35-44, yang persentasenya mencapai 47 persen! Angka ini paling tinggi dibandingkan usia di bawah 34, 45-54, dan 55-64.

Baca juga: Jalan-jalan atau Tinggal di Mars ya? Ini Dia Pilihan Kekinian Buat Generasi Milenial

Kelompok umur 45-54 yang mengaku “sangat sulit” mengumpulkan uang muka sebanyak 37 persen. Uniknya, kategori sangat sulit ini malah turun naik.

Pada kelompok umur di bawah 34 persen tergolong rendah, lantas naik pada kelompok umur 35-44, kemudian turun lagi pada kelompok usia 55-64. Dalam kelompok umur 55-64 ini, persentasenya sebesar 45 persen.

Baca juga: Alihkan Pengeluaran Gaya Hidup, Saatnya Milenial Berinvestasi Properti

Temuan lainnya dari riset ini adalah kategori “sangat sulit” untuk mendapatkan uang muka juga ditemukan pada kategori mereka yang tidak memiliki tingkat pendidikan tinggi (diploma atau sarjana). Persentasenya mencapai 47 persen.

Sementara bagi mereka yang setidaknya pernah mengenyam pendidikan perguruan tinggi, yang mengaku sangat sulit memperoleh uang muka hanya 32 persen. Lebih kecil dari mereka yang tidak punya pendidikan tinggi.

Baca juga: Katanya, Gedung Ini Bidik Pekerja Milenial, Ayo Kerja di Sini Aja!

Hmm, buat kamu para generasi milenial di Indonesia, gimana menurut kamu, apakah sangat sulit, agak sulit, tidak begitu sulit, dan tidak sulit sama sekali dalam mengumpulkan uang muka membeli hunian?

Apa pun itu, walau pun sangat sulit, kamu nggak boleh menunda berinvestasi properti yang tergolong investasi jangka panjang lho.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me