Halooo… yang Bergaji Rp2,5 Juta per Bulan, Mau Dibantu Beli Rumah?

Big Banner
Ilustrasi. Foto: Rumah123/iStock

Kalau punya penghasilan Rp2,5 juta per bulan, apakah mungkin bisa beli rumah? Mungkin kok! Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bekerja sama dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI) memungkin hal tersebut terjadi.

Pekerja dengan penghasilan Rp2,5 juta per bulan bisa mengajukan pinjaman dengan nilai plafon maksimal Rp50 juta untuk jangka waktu maksimal 5 tahun. Agar pembiayaan ini bisa tepat sasaran dan terhindar dari kredit macet, Kepala Bagian Divisi Kebijakan dan Strategi Bisnis Mikro Bank BRI, Abednego Serang, mengatakan ada dua kunci utama.

“Dari kelompok kerja (pokja) Kementerian akan menyodorkan calon nasabah, lalu kami pilih dengan selektif, kuncinya karakter dan kemampuan bayar,” kata Abednego seperti dikutip Kontan.co.id, Senin (2/10/2017).

Baca juga: Kendalikan Jajan Camilan, Duitnya Ditabung Buat Beli Rumah

Skema bantuan ini untuk memenuhi kebutuhan perumahan masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) terutama pekerja informal. Sebut saja petani, nelayan, buruh, pedagang kaki lima, petani, nelayan, pekerja rumah tangga, supir, tukang bakso, office boy, termasuk tenaga honorer dan pekerja tidak tetap.

BRI menargetkan program bantuan pembiayaan ini bisa tercapai 3.000 unit pada Desember 2017. Sementara itu, untuk melayani komunitas pegawai negeri sipil (PNS) daerah, khususnya golongan I dan II, akan dilayani oleh Bank Kesejahteraan Ekonomi (BKE) melalui kerja sama dengan Induk Koperasi Pegawai Republik Indonesia (IKPRI).

Baca juga: KPR Merdeka dari BANK BRI, Siapa pun Bisa Punya Rumah!

Perlu diketahui ada tiga lembaga keuangan yang telah menandatangani nota kesepahaman untuk program ini, yakni BRI, BKE, dan Pegadaian. Selain ketiga lembaga tersebut, Kementerian PUPR juga berharap bank lain dapat menyusul untuk berpartisipasi.

Pembiayaan mikro ini sudah mulai dilaksanakan pemerintah di 16 provinsi terpilih, yakni Sumatera Utara, Kepulauan Riau, Jambi, Sumatera Selatan, Lampung, Bengkulu, Banten, Jawa Timur, Bali, Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, dan Maluku. Penentuan ini merupakan hasil penyidikan langsung dari pemerintah daerah.

Jadi, berapa pun gajimu selalu ada peluang untuk kebeli rumah, bukan? Ayo, segera punya rumah!

 

rumah123.com