10 Cara Bikin “Kantor” yang Oke di Rumah

Big Banner
Foto: Rumah123/iStock

Saat ini, banyak pekerjaan yang bisa dikerjakan dari atau di rumah. Namun, agar pekerjaan bisa selesai dengan baik, suasana hati dibutuhkan pula agar produktif. Maka itu, sebuah ruang yang nyaman dan inspiratif akan lebih asyik kalau ada di rumah.

Nah, berikut ini 10 cara agar kamu bisa mengubah ruang di rumahmu menjadi ruang kerja yang enak. Ga susah kok, cuma butuh kejelian dan sedikit kreativitasmu.

  1. Ubah Ruang Sempit Jadi Nyaman untuk Bekerja

Ada sudut ruangan di rumahmu yang sudah lama kosong dan dibiarkan saja? Dengan memberi sentuhan sedikit, sudut sempit itu bisa berubah jadi menarik dan nyaman. Lantas, kamu bisa menjadikannya sebagai ruang kerja atau ruang kantor mini di rumah. Meski tak seberapa luas, tapi bisa jadi tempat berguna untuk kamu jadikan ‘sarang’mu di rumah.

2. Pilih Meja Kayu yang Kuat dan Fleksibel

Meja kayu adalah pilihan yang tepat, mengapa? Kesannya lebih homey dan nyaman. Lebih-lebih kalau kamu ingin meletakkan barang berat di atasnya. Untuk menyegarkan pandangan, coba kamu tambahkan tanaman hidup di sekelilingnya.

  1. Kalau Ruangannya Luas, Sulap Aja jadi ‘Kantor’

Kalau ada ruangan luas dan nganggur di rumahmu, kenapa ga kamu sulap saja jadi ‘kantor’.  Lengkapi dengan satu set PC, meja, dan kursi selayaknya di sebuah kantor. Kamu akan merasakan seolah bekerja di kantor sungguhan deh!

Baca juga: Yuk, Maksimalkan Sudut Ruangan Menjadi Ruang Kerja

  1. Kamar Tidur Jadi Ruang Kerja, Kenapa Ga?

Kalau ga ada sudut atau ruang di rumahmu untuk diubah jadi ruang kerja, kamar tidurmu pun bisa disulap menjadi ruang yang nyaman untuk bekerja! Plihlah ruang kerja di bagian ruangan yang dekat dengan jendela. Jadi, kalau kamu lagi bete bisa mengalihkan pandangan ke luar kamar.

  1. Ruang Kerja Sekaligus Ruang Bersantai, Ga Ada yang Larang Kok!

Berlama-lama bekerja tentunya bikin kamu lelah, bukan?  Nah, coba tempatkan di ruang kerjamu sebuah sofa dan pesawat televisi. Pilihan sofa bisa saja sepeti saat kamu memilihnya untuk ruang tamu. Pilihlah tempat yang menghadap jendela agar kamu juga bisa melihat aktivitas di luar.

Foto: Rumah123/iStock
  1. Sulap Gudang Jadi Seperti Kafe Juga Oke lho!

Kalau kamu punya gudang yang tak terlalu digunakan, sulaplah jadi tempat kerja. Barang-barang yang ada di gudang bisa kamu ‘selamatkan’ dalam satu kantong besar dan sisihkan ke suatu tempat.

Kamu mungkin perlu menambahkan satu pintu di dalam ruang kerja untuk menggantikan fungsi gudang yang lama. Dekorlah ruangan bekas gudang ini menjadi tempat kerja yang menarik, semisal mirip kafe. Asyik kan?

  1. Punya Jendela yang Lebar? Jangan Dianggurkan!

Kamu punya jendela yang lebar? Coba ‘sulap’ ruang di depannya menjadi tempat kerja yang nyaman. Warnai tempat kerjamu dengan warna yang eye catchy. Lalu, tambahkan karpet yang berwarna senada, guna melindungi lantai keramik dari goresan.

Baca juga: Siapa yang Mau Punya Ruang Kerja dengan Desain Skandinavia?

  1. Punya Banyak Buku? Susun Rapi Layaknya di Perpustakaan

Kalau kamu suka membaca dan banyak punya koleksi buku, sulap saja sudut ruang menjadi perpustakaan. Bisa saja kamu menyulap salah satu ruangan di rumah menjadi layaknya sebuah perpustakaan.

Selain sebagai perpustakaan, kamu juga bisa menyulapnya sebagai ruang kerja. Tinggal tambahkan meja dan komputer di tengah-tengah ruangan. Selain membaca, kamu jadi bisa juga sambil bekerja.

  1. Dinding Kosong Bisa untuk Menggantung Daftar Pekerjaan

Kalau ada dinding yang kosong atau polos, kamu bisa memasang rak atau menggantungkan daftar pekerjaanmu yang banyak. Rencana kerja pun bisa kamu tempelkan agar ga kelupaan.

Baca juga: Kantor Kekinian dari Kontainer, Belum Banyak yang Bikin Kan?

  1. Loteng Jadi Ruang Kerja Juga Bisa Lho!

Loteng disulap jadi ruang kerja memang masih langka ya. Sebelum kamu mengubahnya, pertimbangkan dulu beberapa hal. Pastikan ruangnya cukup nyaman untuk kamu bergerak. Pastikan kamu bisa berdiri tegak di ruang loteng.

Kalau tak cukup ruangnya, tak perlu kamu melengkapinya dengan meja dan kursi. Lesehan pun tak mengapa sepanjang nyaman. Pastikan pula loteng cukup kuat menahan beban. Ga lucu kan kalau kamu lagi asyik kerja terus kejadian ambrol.

Jangan lupakan sirkulasi udara. Ruang loteng bisa saja jadi panas dan pengap berhubung di atasnya adalah langsung atap. Kamu bisa memasang exhaust fan atau AC. Yang terakhir adalah pencahayaan. Aturlah aliran listrik, sehingga kamu bisa menghidupkan lampu, laptop, dan peralatan elektronik lainnya.

 

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me