Ruang Publik Ini Didesain Atasi Cuaca Dingin, Nah Ini Baru Keren

Big Banner
Super Blok yang Didesain oleh Henning Larsen Architects (Rumah123/Dezeen)

Toronto yang berada di Kanada memang dikenal sebagai kota dengan suhu yang lumayan sejuk. Namun, juga tergolong lumayan dingin saat musim dingin tiba.

Saat musim gugur, musim semi, atau musim panas, rata-rata suhu di kota ini masih berkisar belasan derajat Celsius hingga 20-an derajat. Sementara pada musim dingin, suhu biasanya di bawah nol derajat Celsius. Bahkan, bisa mencapai minus 40 derajat Celsius.

Baca juga: Atasi Banjir dengan Desain Rumah Terbuka dan Bertingkat, Mau Nyontek Ga?

Hal ini melatarbelakangi biro arsitek asal Denmark, Henning Larsen Architects untuk mendesain kompleks bangunan yang bisa menciptakan iklim yang lebih hangat pada bagian tengah plaza.

Henning Larsen Architects baru saja memenangkan kompetisi mendesain superblok di Toronto bernama Etobicoke Civic Centre. Dalam proposal desainnya, biro arsitek ini akan membuat saluran udara yang bisa menciptakan cuaca hangat pada musim dingin.

Baca juga: Mau Lihat Rumah Mungil Plus Perpustakaan untuk Kaum Urban?

Kawasan superblok ini memiliki beberapa bangunan dengan ukuran berbeda. Pada bagian tengah ada plaza yang menjadi ruang publik, tempat berkumpul orang. Ada bagian teras yang tertutup atap.

Henning Larsen Architects merancang bagian plaza ini menjadi tempat orang berlindung dari cuaca dan udara dingin. Biro arsitek ini ingin meningkatkan aktivitas pejalan kaki di wilayah ini.

Baca juga: Lahan Terbatas? Siasati dengan Pintu Geser! Gampang Kan?

Sebelumnya, firma ini melakukan riset dan menemukan kalau suhu di Toronto dianggap terlalu dingin dalam jangka waktu lebih dari setengah tahun, tepatnya 60 persen.

Biro arsitek ini mengklaim kalau analisis kawasan dan penelitian soal suhu panas kawasan bisa membuat Henning Larsen Architects membuat kawasan ini memiliki suhu hangat yang lebih lama.

Baca juga: Yuk, Bikin Taman dalam Rumah Biar Suasana Semakin Sejuk

Tujuannya agar pejalan kaki bisa lebih nyaman untuk berada di plaza, ruang publik, atau taman lebih lama lagi, lima pekan lebih lama per tahun.

Ruang publik ini direncanakan untuk menggelar beragam program sepanjang tahun. Nantinya, plaza ini akan menjadi tempat penyelenggaraan festival, pemutaran film di luar ruangan, pasar untuk para petani setiap pekannya, hingga konser.

Baca juga: Tempat Bermain Anak yang Asyik dan Bisa Bikin Happy, Main Ke Sini Yuk!

Wah, keren ya kalau ruang publik didesain bisa mengatasi cuaca yang dingin sehingga orang-orang bisa berkumpul, menghabiskan waktu, dan lainnya meski cuaca dingin.

Seharusnya, ruang publik semacam ini juga dibuat di Indonesia ya, tentunya dengan mengadaptasi cuaca negeri ini yang panas. Tentunya bagaimana menciptakan ruang publik yang adem dan bisa digunakan oleh masyarakat pada siang hari.

Baca juga: Ga Usah Bingung Kalau Mau Bikin Kantor Mungil yang Kekinian dan Fungsional

Kalau ruang publik semakin banyak kan, masyarakat bisa punya pilihan untuk menghabiskan waktu yang berkualitas.

 

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me