Persaingan Makin Ketat, Mal Perang Inovasi

Big Banner

Bisnis.com, TANGERANG—Pesatnya pembangunan mal di Tangerang Raya (Kota Tangerang, Tangerang Selatan dan Kabupaten Tangerang) memacu sejumlah manajemen mal untuk aktif menelurkan inovasi guna menarik minat pengunjung.

Selain melaksanakan program-program khusus untuk menarik minat pengunjung, sejumlah manajemen mal juga aktif melakukan pembangunan gedung untuk memberikan fasilitas penunjang bagi konsumen.

Cut Meutia, General Manager Corporate Communications Summarecon Mal Serpong mengatakan setelah akhir Juni lalu pihaknya meresmikan gedung Summarecon Digital Center sebagai pusat barang elektronik dan gadget, kini manajemen tengah menyiapkan fasilitas ruang terbuka hijau seluas 7.500 m2.

Menurutnya, inovasi yang dilakukan untuk menarik konsumen tidak hanya pada sektor pertokoan, namun, juga pada fasilitas penunjang seperti taman bermain, sarana komunikasi antar komunitas kreatif, komunitas akademisi dan lainnya.

Ruang terbuka hijau yang dinamai Scientia Square Park (SQP) ini, tuturnya, kelak berfungsi menarik minat pengunjung untuk menggunakan waktunya selain untuk berbelanja barang kebutuhan, namun, juga untuk bercengkrama dengan keluarga.

Selain itu, lanjutnya, perusahaan juga akan terus melakukan pembangunan gedung pertokoan untuk memfasilitasi kebutuhan masyarakat. Potensi pengunjung yang sangat besar diiringi dengan ketatnya persaingan dengan manajemen mal lain, tuturnya, memaksa perusahaan untuk terus berinovasi.

“Pembangunan akan terus berlangsung. Dalam waktu dekat, perusahaan akan membangun gedung Summarecon Mal Serpong fase ketiga. Saat ini perusahaan telah memiliki gedung Summarecon Mal Serpong fase satu dan dua,” ujarnya kepada Bisnis, Kamis (28/8/2014).

Jumlah pengunjung Summarecon Mal Serpong pada hari kerja, tuturnya, telah mencapai 13.500 orang, sementara pada akhir pekan meningkat hampir dua kali lipat atau sejumlah 23.000 orang per hari. Akses Tangerang yang mudah, ujarnya, menarik pengunjung dari wilayah Jabodetabek.

Selain menyasar kalangan menengah ke atas, ujarnya, manajemen juga melakukan kerja sama dengan sejumlah sekolahan dan universitas yang berada di wilayah Tangerang untuk melaksanakan kegiatan pada fasilitas yang tersedia di mal.

Di lain pihak, Irwanto Rasad Direktur mall Alam Sutera mengatakan untuk memberikan kepuasan kepada konsumen yang berkategori golongan menengah ke atas, pihaknya secara rutin melakukan survei pasar guna mendapatkan inovasi program yang diinginkan pengunjung.

“Kepuasan pengunjung sebagai tolok ukur keberhasilan. Tidak hanya melayani pengunjung, tetapu juga menjawab keinginan konsumen melalui aktivitas promosi yang sesuai dengan keinginan pengunjung,” ujarnya.

Selain itu, tuturnya, guna memenangi persaingan pusat perbelanjaan yang semakin ketat pihaknya menjalankan tiga program unggulan seperti tenancy mix yang beragam dan lengkap, operasional mal yang professional, komunikasi pemasaran yang tepat dan berkesinambungan.

Kendati usia mal Alam Sutera baru memasuki tahun kedua, lanjutnya, potensi pasar yang besar telah memberikan pertumbuhan jumlah konsumen sekitar 30% dari tahun pertama. Saat ini pengunjung mal di hari kerja sudah mencapai 12.000 orang sementara di akhir pekan mencapai 25.000 pengunjung per hari.

Meskipun potensi pasar menjanjikan, tuturnya, manajemen akan terus berinovasi dengan mengeluarkan beberapa program promosi. Misalnya, meluncurkan program undian bagi pembelanja setiap hari Minggu atau pengundian grand prize dua unit mobil BMW X1 pada September dan Desember.

Kendati baru memasuki tahun kedua, lajutnya, manajemen menargetkan pada akhir tahun ini jumlah penyewa dapat mencapai 99%. Selain itu, akan merealisasi pembangunan beberapa fasilitas baru yang telah direncanakan.

Editor : Hery Lazuardi

properti.bisnis.com