Jalan Tol Pertama Di Sumatera Beroperasi

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan jalan tol Palembang-Indralaya (Palindra) seksi I Palembang-Pamulutan (7,8 km). Ini merupakann jalan tol pertama yang dioperasikan di Pulau Sumatera. Tol Palindra (22 km) terbagi dalam tiga seksi: Palembang-Pamulutan (7,8 km), Pamulutan-KTM (4,9 km), KTM-Simpang Indralaya (9,3 km).

“Jalan tol ini dibangun sejak tahun 2015 dan progres konstruksinya terus meningkat. Untuk seksi II sudah mencapai 26 persen, yang seksi III bahkan sudah lebih 83 persen. Saya beri target supaya ketiga seksi itu bisa beroperasi seluruhnya tahun 2018,” kata Presiden Jokowi saat peresmian jalan tol ini bersama Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Kamis (12/10), sebagaimana rilis yang diterima housing-estate.com dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) di Jakarta, Jumat (13/10).

Jokowi menjelaskan, jalan tol Palindra membutuhkan teknik konstruksi khusus karena lahannya yang didominasi rawa bergambut. Untuk itu digunakan metode teknologi Vacuum Consolidation Method (VCM) untuk mengurangi kadar udara dan air di dalam tanah. Namun begitu teknologi ini membuat biaya pembangunan menjadi 1,5 kali lipat lebih mahal dibanding sistem konvensional.

Hal tersebut karena kontraktor harus menguruk tanah yang mencapai kedalaman 7 m untuk mengurangi kadar air sebelum dipampatkan. Total biaya pembangunan jalan tol Palindra mencapai Rp3,3 triliun yang dikerjakan PT Hutama Karya. Jalan tol ini akan memperlancar arus barang dan jasa dan dipersiapkan juga untuk mendukung ajang Asian Games 2018 yang berlangsung di Jakarta dan Palembang.

“Saya sudah cek seluruh ruas jalan tol. Ini pembebasan lahannya sudah beres semua. Makanya harus optimistis bisa cepat diselesaikan. Jadi tahun depan dari Bakauheni, Lampung, hingga Palembang sudah bisa tersambung dengan jalan tol,” kata Presiden.

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me