Ada Saku di Dinding Ruangan? Wah, Cara Kreatif Bikin Tempat Penyimpanan Nih

Big Banner
Apartemen yang Didesain Ulang oleh Daisuke Motogi Architecture (Rumah123/Dezeen)

Hmm, dana terbatas saat ingin merenovasi hunian? Nggak perlu khawatir deh, yang dibutuhkan hanyalah kreativitas.

Biro arsitek asal Jepang, Daisuke Motogi Architecture harus bersiasat dengan klien yang memiliki dana cekak saat merenovasi apartemen di kawasan Naka Meguro, Tokyo, Jepang. Arsitek muda Daisuke Motogi (36 tahun) mendirikan biro ini pada 2014 lalu.

Baca juga: Akses Pejalan Kaki dan Sepeda yang Penuh Cermin, Wah Bisa Ngaca Melulu Nih

Klien memiliki dana terbatas. Apartemen juga tergolong kecil untuk ukuran Jepang, hanya 43,82 meter persegi. Kalau di Indonesia, dua kali ukuran apartemen studio ya.

Awalnya, biro arsitek ingin mengubah interior apartemen yang memang tipikal Jepang. Ruang tidur ada di bagian Utara, ruang keluarga di bagian Selatan, serta dapur dan kamar mandi berada di bagian tengah.

Baca juga: Kantor Masa Depan yang Modern, Ramah Lingkungan, dan Punya Akses Publik

Dua ruangan yaitu kamar mandi dan ruang kerja mengaplikasikan material kayu pada bagian dinding. Untuk menutup dinding, Daisuke Motogi Architecture memakai kain berukuran besar yang dibentuk seperti saku atau kantong untuk menaruh peralatan, perkakas, atau apa saja.

Kalau di kamar mandi tentunya, saku di dinding ini dapat menjadi tempat penyimpanan sikat gigi, sabun, pasta gigi, dan lainnya.

Baca juga: Ruang Publik Ini Didesain Atasi Cuaca Dingin, Nah Ini Baru Keren

“Saku ini tidak berfungsi sepenuhnya menjadi tempat penyimpanan,” ujar Motogi kepada laman arsitektur dan desain Dezeen.

“Merapikan semua benda seluruhnya, bukan cara untuk membuat meja terlihat rapi. Seseorang bisa mengatur ulang hal-hal tidak beraturan dalam saku ini untuk menjadikannya lebih indah,” lanjut Motogi yang pernah bekerja di Schemata Architecture Office ini.

Baca juga: Desain TK Ini Bikin Kids Jaman Now Semakin Kreatif Lho

Wah, kreatif juga ya untuk menyiasati keterbatasan dana dengan membuat dinding ditutupi kain yang memiliki saku. Kamu bisa menutup bagian dinding plus memiliki tempat penyimpanan.

Kamu tertarik untuk membuatnya juga? Kayaknya cocok deh kalau hunian yang kamu miliki juga kecil seperti ini.

Baca juga: Banyak Ga Sih Lapangan Basket Kekinian Kayak Gini di Indonesia?

Hasil Desain Daisuke Motogi Architecture (Rumah123/Dezeen)

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me