Gaduh Reklamasi Siapa yang Untung Siapa yang Buntung (3)

Big Banner

Sejak tahun 2014 hingga November 2015, setidaknya ada empat izin reklamasi yang telah diterbitkan Ahok selaku Gubernur DKI Jakarta, yaitu Keputusan Gubernur Provinsi DKI Jakarta No. 2238 Tahun 2014 tentang Pemberian Izin Pelaksanaan Reklamasi Pulau G kepada PT Muara Wisesa Samudra yang diterbitkan pada tanggal 23 Desember 2014 dan Keputusan Gubernur Provinsi DKI Jakarta No. 2268 Tahun 2015 tentang Pemberian Izin Pelak sanaan Reklamasi Pulau F kepada PT Jakarta Propertindo, pada tanggal 22 Oktober 2015.

Dilanjutkan dengan Keputusan Gubernur Provinsi DKI Jakarta No. 2269 Tahun 2015 tentang Pemberian Izin Pelaksanaan Reklamasi Pulau I kepada PT Jaladri Kartika Ekapaksi, pada tanggal 22 Oktober 2015 serta Keputusan Gubernur Provinsi DKI Jakarta No. 2485 Tahun 2015 tentang Pemberian Izin Pelaksanaan Reklamasi Pulau K kepada PT Pembangunan Jaya Ancol, Tbk, pada 17 November 2015.

“Status lahan reklamasi ini 100% hak pengelolaan (HPL) atas nama Pemprov DKI, sedangkan pada lahan-lahan yang ingin dikembangkan secara komersial oleh pengembang, mereka hanya diberikan hak guna bangunan (HGB). Kemudian, sebesar 5% lahan dari luas pulau wajib diserahkan kepada Pemprov DKI,” katanya.

Nantinya, tambah Ahok, lahan itu akan dikembangkan untuk kepentingan masyarakat, terutama untuk ketersediaan rumah susun menengah ke bawah lengkap dengan prasarana dan sarana pendukungnya.

Selain itu, setiap pulau reklamasi juga wajib menyediakan 30% ruang terbuka hijau (RTH) yang terdiri dari 20% publik dan 10% RTH privat. Setiap pulau reklamasi juga wajib menyediakan 5% RTB (ruang terbuka biru) untuk tangkapan air dan harus tersedia pantai publik di tiap pulau, serta harus tersedia instalasi pengolahan dan pengelolaan air bersih, sampah, dan limbah yang dikelola mandiri.

(Majalah Properti Indonesia (MPI) dapatkan di toko-toko buku dan agen-agen penjualan majalah dan buku di kota Anda. Versi digital MPI dapat diakses melalui:

https://www.getscoop.com/id/majalah/properti-indonesia

atau : https://higoapps.com/item/1399/properti-indonesia

mpi-update.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me