Halo… Para Pekerja Sritex, BPJS Ketenagakerjaan Siap Bantu Beli Rumahmu!

Big Banner
Pembangunan hunian di Kawasan Maja, Lebak, Banten. Foto: Rumah123/Jhony Hutapea

Kalau kamu pegawai PT Sri Rejeki Isman (Sritex), inilah giliran kamu dibantu BJS Ketenagakerjaan (BPJS-TK) untuk membeli rumah. Sebagai penyedia pembiayaan perumahan bagi pekerja,  BPJS-TK memberikan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) ringan.

Rumah subsidi ditujukan bagi kamu yang bergaji Rp4 juta hingga Rp7 juta atau istilahnya Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR). Rumah tapak untuk yang bergaji maksimal Rp4 juta, sedangkan hunian vertikal (Rumah Susun) bagi yang bergaji maksimal Rp7 juta.

Bagi MBR, program pembiayaannya merujuk skema FLPP (Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan), yakni uang muka (DP) 1% dan suku bunga 5%. Masa cicilannya bisa sampai 20 tahun. Sementara harga rumah yang ditetapkan sekitar Rp141 juta.

Baca juga: Catatan Penting Manfaat BPJS Ketenagakerjaan untuk Rumah Kamu!

Nah, gimana kalau kamu bukan tergolong MBR? Ya, kamu harus membeli rumah non-subsidi. Maksimal bantuan yang diberikan untuk rumah non-subsidi adalah Rp500 juta. Uang muka (DP) tetap 1%, hanya suku bunga yang diberlakukan adalah BI Repo Rate + 3%.

Tak hanya perusahaan negara, peursahaan swasta pun bisa bekerja sama dengan BPJS-TK untuk pembiayaan rumah bagi para pekerjanya. Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan, Agus Susanto, mengatakan, ada beberapa korporasi yang sedang berdialog dengan pihaknya perihal penyediaan rumah bagi para pekerja, salah satunya dengan Sritex.

“Sritex sudah ada pembicaraan awal, tapi belum sampai MoU,” katanya sepeti dikutip Okezone.com, Selasa (24/10/2017).

Baca juga: Mau Renovasi Rumah? Manfaatkan PRP dari BPJS Aja!

Perihal berapa jumlah rumah yang akan dibangun saat ini belum diketahui. Pasalnya, kata Agus, kerja sama ini masih dibicarakan. Diharapkan tahun ini kerja sama ini bisa direalisasikan. “Kami usahakan targetnya bisa dieksekusi tahun ini,” katanya.

Sebelumnya, BPJS Ketenagakerjaan memberikan Manfaat Layanan Tambahan (MLT) berupa pinjaman lunak kepada setiap korporasi yang mau menyediakan rumah bagi pada pekerjanya. Syaratnya paling tidak si pekerja sudah satu tahun menjadi anggpota BPJS-TK, tak menunggak iuran bulanan, dan belum punya rumah. Sedangkan bagi yang sudah punya rumah, tersedia bantuan untuk renovasi rumah, maksimal sebesar Rp50 juta.

Kerja sama yang sudah dilakukan BPJS -TK yakni dengan Lion Group untuk menyediakan rumah bagi karyawannya di Batam dan Perum Peruri untuk rumah para pekerjanya di Karawang.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me