Sekolah untuk Murid Jaman Now Ini Dirancang Anti Teroris Lho!

Big Banner
Sekolah yang Didesain oleh Svigals + Partners (Rumah123/Dezeen)

Pada 14 Desember 2012 lalu, menjadi hari kelabu bagi warga Newton, Connecticut, Amerika Serikat. Pada hari itu, 20 siswa dan 6 orang dewasa ditembak mati di Sandy Hook Elementary School.

Pelakunya adalah Adam Lanza. Dia juga menembak ibunya. Kemudian, Lanza yang masih berusia 20 tahun bunuh diri dengan menembak kepalanya.

Baca juga: Begini Caranya Bikin Ruang Tidur dan Kamar Bermain untuk Anak Jadi Satu

Penembakan ini menjadi salah satu insiden berdarah oleh pelaku penembakan tunggal di AS. Insiden ini meninggalkan trauma mendalam bagi siswa.

Empat tahun setelah insiden ini, Sandy Hook Elementary School direnovasi ulang oleh biro arsitek asal Amerika Serikat, Svigals + Partners. Sekolah pun didesain ulang untuk mencegah kejadian serupa.

Baca juga: Satu Kamar, Dua Warna? Bisa Dicoba untuk Pembagian Ruang Tidur Anak

Svigals + Partners mendesain bagian luar sekolah memiliki jalan setapak yang panjang melalui taman. Hal ini ditujukan agar sekolah bisa mencegah, mendeteksi, dan menunda adanya aksi teror serupa.

Sementara dalam bagian sekolah, ada rute penyelamatan diri yang dirancang maksimal. Setiap kelas memiliki kunci dan pintu yang dirancang lebih aman dari penyusup.

Baca juga: Tempat Bermain Anak yang Asyik dan Bisa Bikin Happy, Main Ke Sini Yuk!

Ruang kelas dirancang lebih jauh dari pintu masuk. Kelas juga didesain dekat hutan sehingga ada akses alternatif untuk keluar.

Sebelum mendesain ini, Svigals + Partners melakukan serangkaian pertemuan dengan pejabat sekolah, pejabat pemerintah, warga lingkungan sekitar, orang tua, dan guru. Setelah itu, biro arsitek baru membuat desain.

Baca juga: Didesain Ulang, Rumah Sakit Ini Mirip Taman Kanak-Kanak

“Bangunan yang bagus seharusnya bisa mencegah adanya penyusup masuk dalam bentuk apa pun,” ujar managing partner Svigals + Partners, Jay Brotman seperti dikutip oleh situs arsitektur dan desain Dezeen.

Sejumlah penembakan memang sering terjadi di Amerika Serikat. Sekolah juga menjadi salah satu target bagi teroris.

Baca juga: Perangi Teroris di Perkotaan? Lawan Pakai Pepohonan Aja

Hmm, untungnya di Indonesia nggak kayak begini ya. Nggak ada teroris nyelonong masuk ke sekolah. Tapi yang bahaya di Indonesia sih justru makanan tidak sehat yang dijual di di sekolah. Nah, ini “teroris” bagi anak sekolah di Indonesia.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me