Jembatan Cetakan 3 Dimensi Ini Bisa Menahan Beban 40 Truk, Masa Sih?

Big Banner
Jembatan Cetakan 3 Dimensi yang Dirancang oleh BAM Infra (Rumah123/Dezeen)

Kamu pasti pernah melihat jembatan dari material beton. Ya, kalau ini sih hal biasa karena sebagian besar jembatan terbuat dari material ini.

Begitu juga dengan jembatan bambu. Buat kamu yang sering main ke daerah pelosok, kayaknya gampang kok menemukan jembatan seperti ini.

Baca juga: Ada Jembatan Geser di Denmark? Kayak Apa Sih?

Tetapi bagaimana dengan jembatan 3D Printed alias jembatan cetakan 3 dimensi dari beton? Pasti kamu belum pernah melihatnya karena memang belum ada sebelumnya.

Perusahan konstruksi asal Belanda, BAM Infra menyatakan kalau mereka telah membangun jembatan cetakan 3 dimensi pertama di dunia. BAM Infra berkolaborasi dengan Eindhoven University of Technology.

Baca juga: Wow, Jembatan Suspensi Tertinggi di Dunia Ada di Tiongkok!

Jembatan ini memiliki panjang 8 meter dan berada di Gemert, provinsi Brabant, Belanda. Jembatan ini dirancang untuk para pengguna sepeda, namun BAM Infra meyakinkan kalau jembatan ini kuat menahan beban hingga 40 truk!

Untuk mencetak jembatan ini, BAM Infra menggunakan robot yang mencetak 800 lapisan beton selama tiga bulan. Lapisan beton ini diperkuat di laboratorium Eindhoven University of Technology.

Baca juga: Tiongkok Memang Jagonya Membangun Jembatan, Luar Biasa!

Proses unik menggunakan beton lebih sedikit dibandingkan dengan membuat jembatan dari beton secara tradisional. BAM Infra meyakini kalau proses ini lebih tahan lama.

“Kita terhubung dengan masa depan. Inovasi memainkan peranan penting dalam hal ini. Cetakan tiga dimensi terkait dengan kebutuhan material pendukung,” ujar director BAM Infra, Marinus Schimmel kepada situs arsitektur dan desain Dezeen.

Baca juga: Kawasan Hi-Tech ini Terhubung oleh Jembatan Kayu yang Keren!

Wow, bikin jembatan untuk sepeda sepanjang 8 meter membutuhkan waktu 3 bulan? Bagaimana kalau membangun jembatan lebih panjang ya?

Pernah membayangkan kalau Selat Sunda yang memisahkan Jawa dan Sumatera memiliki jembatan? Atau Selat Bali yang memisahkan Jawa dan Bali juga terhubung dengan jembatan?

Baca juga: Jembatan Ini Khusus untuk Pejalan Kaki dan Pengendara Sepeda! Keren Kan!

Nah, gimana ya kalau dua jembatan ini dibangun dengan cara yang sama dengan jembatan tadi, dicetak pakai robot dan menghasilkan cetakan tiga dimensi? Jembatannya selesai berapa tahun ya?

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me