Hotel Semester II 2017 8.000 Kamar Baru di Jabodetabek (2)

Big Banner

Sementara itu, Coldwell Banker mencatat, untuk harga sewa hotel pertumbuhannya sangat beragam antara satu kota dengan kota lainnya di Indonesia. Tidak ada batasan khusus mengenai tarif sewa kamar hotel yang paling diminati, karena hal tersebut sangat tergantung pada profil dan preferensi permintaan, sekaligus tergantung pula pada tingkat persaingan pasar hotel di masing-masing kota atau wilayah.

Untuk wilayah Jabodetabek sendiri, rata-rata tarif kamar untuk masing-masing klasifikasi bintang adalah Rp600 ribu – Rp800 ribu per malam untuk bintang 3, Rp974.500 per malam untuk bintang 4 dan Rp2.670.000 per malam untuk bintang 5.

“Meningkatnya permintaan diharapkan akan membawa dampak terhadap kenaikan tarif kamar hotel dalam dua tahun ke depan. Akan tetapi masih banyaknya pasokan baru yang akan mulai beroperasi sampai dua tahun ke depan akan meningkatkan tingkat persaingan pasar perhotelan.

Sehingga berdasarkan hal tersebut, tarif sewa walaupun mengalami pergerakan positif tapi masih dalam pertumbuhan yang tidak tinggi,” tambah Tommy.

Tommy menambahkan, meski sektor hotel mengalami pergerakan yang positif namun pertumbuhannya tidaklah signifikan.
Hal itu disebabkan oleh beberapa faktor, seperti sumber permintaan utama pasar hotel di kota-kota besar di Indonesia yang umumnya masih bergantung dari aktifitas MICE, pariwisata dan bisnis. Sehingga kinerja dan frekuensi aktifitas-aktifitas tersebut akan sangat berpengaruh terhadap kinerja pasar hotel di suatu kota.

Menurunnya aktifitas MICE dari sektor pemerintahan yang berkaitan dengan pengetatan anggaran beberapa waktu sebelumnya menjadi salah satu faktor yang menjadikan menurunnya kinerja pasar hotel di Indonesia. Sedangkan dari sisi pasokan, pelayanan dan ketersediaan fasilitas dan amenitas yang kurang terjaga dapat menjadi faktor menurunnya kinerja pasar perhotelan.

Tommy menyebutkan, untuk memperbaiki kinerja pasar hotel yang mengalami penurunan tersebut harus dilakukan beberapa hal, seperti peningkatan basis ekonomi dan aktifitas bisnis atau industri di suatu kota, peningkatan destinasi dan aktifitas pariwisata, serta mengaktifkan penyelenggaraan event-event skala nasional atau internasional di suatu kota. Sebab, meningkatnya kinerja pasar hotel di suatu kota tidak hanya tergantung pada industri hotel itu sendiri tapi juga harus ditunjang oleh kebijakan pemerintah daerah dalam meningkatkan jumlah kedatangan ke kota tersebut.

Sementara itu, menurut data Colliers International, beberapa proyeksi hotel yang akan selesai digarap dalam dua tahun ke depan adalah hotel Pasar Senen, Whiz Prime Hayam Wuruk, Hotel by Graha Gatsu Lestar, Novotel Cikini, Hilton Double Tree Hotel, Aloft Jakarta Simatupang, Park Hyatt Hotel, Inter Continental Jakarta Pondok Indah Hotel & Residences, Regent, St Regis, The Langham District 8@Lot 28 SCBD, Waldorf Astoria. Hotel-hotel tersebut umumnya berada di wilayah DKI Jakarta dan wilayah CBD. MPI DW

(Majalah Properti Indonesia (MPI) dapatkan di toko-toko buku dan agen-agen penjualan majalah dan buku di kota Anda. Versi digital MPI dapat diakses melalui:

https://www.getscoop.com/id/majalah/properti-indonesia

atau : https://higoapps.com/item/1399/properti-indonesia

mpi-update.com