Horeee… 17 Bulan Lagi Lebak Bulus-Bundaran HI Cuma 30 Menit Lho!

Big Banner

Ruas jalur Mass Rapid Transit (MRT) Blok M-Lebak Bulus di Jakarta sedang dipersiapkan. Foto: Rumah123/Dharma Wijayanto

Buat kamu yang tinggal di selatan Jakarta atau di Jakarta Selatan, ke pusat Kota Jakarta hanya setengah jam saja. Sekitar 173.000 penumpang akan terangkut per harinya dengan kehadiran MRT ini. Tapi, sabar ya, itu baru terjadi sekitar 17 bulan lagi. Pasalnya, transportasi massal cepat (Mass Rapid Transit = MRT) baru benar-benar beroperasi pada Maret 2019 untuk mempermudah perjalanan warga di Kota Jakarta.

Meski di Indonesia kehadiran MRT ini untuk pertama kalinya, namun di negara lain MRT sudah lama beroperasi, sebut saja di Singapura, Hong Kong, dan Jepang.

Baca juga: Integrasi Transportasi Massal Jabodetabek Mutlak Dilakukan

Mulai dibangun pada 10 Oktober 2013 (ground-breaking) yakni pada masa pemerintahan Gubernur Joko widodo, ditargetkan proyek MRT ini sudah bisa diuji-cobakan pada Juli 2018.

Pada Maret 2019, diharapkan warga sudah punya pilihan transportasi umum yang cepat, aman, dan nyaman yang beroperasi dari pukul 5 pagi hingga tengah malam. Dengan MRT ini kamu gak usah khawatir bakal kucel atau keringat mengucur sesampainya di tujuan. Waktu keberangkatan pun bisa diatur dan diprediksi.

Menurut Direktur Operasi dan Pemeliharaan PT MRT Jakarta, Agung Wicaksono, seperti dikutip Harian Kompas, Selasa (31/10/2017), jarak Lebak Bulus-Bundahran HI sejauh 16 kilometer bisa ditempuh hanya dalam waktu 30 menit saja.

Baca juga: Siap-Siap, Hunian yang Dilewati Jalur Transportasi Publik Bakal Untung Gede Nih!

Buat kamu yang tinggal di selatan Jakarta dan bekerja atau beraktivitas di tengah Kota Jakarta, penggunaan MRT ini merupakan pilihan yang tepat. Selama ini dengan berkendaraan pribadi mungkin kamu harus menempuh jarak Lebak Bulus-Bunderan HI dalam waktu sekitar 2 jam. Dengan MRT, begitu banyak waktu yang bisa kamu hemat, bukan?

Pada Maret 2019, warga sudah bisa menikmati perjalanan dengan MRT untuk rute Lebak Bulus-Bundaran HI. Rute ini akan melewati 7 stasiun layang (elevated) dan 6 stasiun bawah tanah (underground).

Kalau kamu pernah ke Singapura, Hong Kong, atau Jepang, gambaran MRT yang beroperasi ya seperti itulah. Standar pelayanannya mengacu pada standar internasional.

 

rumah123.com