Butuh Banget Dana Renovasi Rumah? 3 Hal Ini Udah Pernah Dicoba Belum?

Big Banner
Foto: Rumah123/iStock

Anggota keluarga bertambah, bisanya butuh ruangan, bukan? Atau ketika rumah sudah dalam kondisi kusam dan butuh perbaikan sana-sini, pastinya butuh renovasi. Namun, dana untuk pemeliharaan rumah ternyata belum ada, haruskah ditunda?

Ada renovasi yang bisa ditunda, tapi ada pula yang sudha tak bisa ditunda lagi, semisal atap mau roboh atau dinding rumah retak parah. Kondisi seperti ini Berisiko bagi penghuni.

Berikut ini sumber dana bank yang bisa kamu gunakan untuk merenovasi rumah:

Kredit Renovasi

Selain menyediakan fasilitas Kredit kepemilikan Rumah (KPR) atau Kredit Pemilikan apartemen (KPA), pihak bank juga menyediakan peminjaman dana renovasi rumah. Biasanya besar pinjaman adalah 80 persen dari total keseluruhan biaya renovasi. Sebaiknya kamu menyediakan 20 persen sisa dana renovasi. Kalau tidak, proses renovasi rumahmu bisa saja tak tuntas.

Baca juga: Renovasi Rumah Sederhana Desain Sendiri, Mau?

Untuk dana renovasi, kalau kamu atau pasangan adalah anggota BPJS Ketenagakerjaan, bisa gunakan dana bantuan dari instansi pemerintah ini. Tak ada syarat besar gaji untuk bantuan yang satu ini. Gaji berapa pun, kamu bisa mengajukan pinjaman renovasi.

Besar dana bantuan renovasi maksimalnya Rp50 juta. Suku bunga yang berlaku yakni BI Repo Rate + 3% untuk masa cicilan (tenor) selama maksimal 10 tahun.

Baca juga: Begini Nih, Empat Langkah Mudah Renovasi Rumah

Fasilitas Top Up dari KPR

Top Up KPR adalah pengajuan penambahan dana pinjaman dengan jaminan rumah yang saat ini sedang diangsur melalui cicilan KPR. Fasilitas ini dapat dilakukan apabila kamu telah melewati setengah dari masa angsurannya. Contohnya, jika cicilan KPR kamu bertenor 10 tahun, kamu sudah menyicilnya selama lima tahun atau lebih. Dalam hal ini pihak bank juga akan melihat rekam jejak angsuran mu, apakah selama ini tak ada tunggakan cicilan.

Baca juga: Mau Renovasi Rumah? Manfaatkan PRP dari BPJS Aja!

Alih Kredit KPR

Alih kredit atau take over bisa jadi pilihan lain untuk kamu mendapatkan sumber dana renovasiii rumah. Alih KPR adalah mengalihkan utang-piutang dari satu bank ke bank lain yang dirasa memiliki suku bunga lebih kecil.

Nah, saat proses melakukan pengalihan itu, ada dana tambahan yang berasal dari suku bunga rendah dari suku bunga sebelumnya. Hal ini akan menimbulkan selisih antara plafon kredit dengan sisa pinjaman. Dana inilah yang bisa kamu gunakan untuk merenovasi rumahmu.

 

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me