Universitas Paramadina Akan Hadir di BSD City

Big Banner

Housing-Estate.com, Jakarta – BSD City (6.000 ha), Serpong, Tangerang Selatan (Banten), juga menjadi kawasan pendidikan yang makin lengkap. Selain sejumlah sekolah favorit, di dalam proyek kota baru besutan Sinar Mas Land (SML) itu terdapat juga beberapa kampus perguruan tinggi seperti Atma Jaya, Prasetiya Mulia, University Liaison Indonesia (IULI) dan Swiss German University.

universitas-paramadina

Sekarang segera menyusul Universitas Paramadina (UP). Perguruan tinggi yang dirintis mendiang cendekiawan muslim Nurcholis Madjid itu rencananya akan membangun kampus di BSD tahun depan. Kampus UP akan menempati lahan seluas dua hektar tidak jauh dari kawasan pusat bisnis (CBD) BSD. Area tersebut merupakan lahan fasos-fasum yang pemanfaatannya untuk kepentingan publik.

“Kami sudah menyampaikan proposal pembangunan kampus Paramadina di lahan fasos-fasum itu ke Pemkot Tangerang Selatan. Pemkot sudah setuju dan mendukung,” kata Dhony Rahajoe, Managing Director-President Office Sinar Mas Land, kepada housing-estate.com, di Serpong, Kamis (2/11). Dhony menjelaskan keberadaan sejumlah perguruan tinggi itu bagian dari upaya SML membangun ekosistem smart digital city di BSD.

Saat ini SML tengah mengembangkan Digital Hub, kawasan integrated smart digital seluas 25 ha yang dirancang menyerupai Silicon Valley di Amerika Serikat (AS). Menurut Dhony, pengembangan digital city tidak cukup hanya menyediakan infrastruktur seperti serat optik berkapasitas besar untuk mendukung koneksi internet yang cepat.

Konsep digital city harus juga dapat mengintegrasikan inventor, investor, dan pemakai (user). Inventor adalah orang-orang atau lembaga yang mencipta atau merancang sesuatu yang baru di bidang aplikasi teknologi informasi. Kampus  adalah bagian dari inventor yang diharapkan menghasilkan inovasi-inovasi baru sekaligus memasok SDM-nya.

Untuk perusahaan sendiri, sudah ada beberapa inventor yang bergabung di Digital Hub (DH) seperti My Republic, Purwadhika Startup & Coding School, dan Apple yang akan membangun pusat inovasi aplikasi teknologi di area seluas 1.500 m2.

Beberapa perusahaan rintisan (startup) seperti Geeks Farm, Sale Stock,  Orami, Plug and Play, Evhive, dan Amikom juga sudah bergabung. Selain menyiapkan perkantoran yang dapat disewa perusahaan rintisan di bidang ICT (information communication technology), SML juga menyiapkan kaveling lot untuk dibangun sendiri.

Dhony menjelaskan, perkantoran yang akan dibangun di Digital Hub atmosfirnya dirancang seperti Silicon Valley, informal, dan orang dapat bekerja di mana saja, tidak harus di meja kerja di dalam kantor. “Konsep yang kita kembangkan akan mengakomodir kegiatan ekonomi kreatif, menciptakan peluang baru di BSD, dan memberikan efek multiplier yang luas,” terangnya.

housing-estate.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me