Utang Zaman Now yang Dijamin Bikin Untung

Big Banner

 

Ilustrasi. Foto: Rumah123/Getty Images

“KPR untuk 15 tahun? Lama banget! Kapan lunasnya?”

Begitu komen kebanyakan orang saat bertanya berapa lama mereka harus mencicil sebuah rumah. Kredit Pemilikan Rumah seringkali dianggap utang yang menjadi beban keuangan. Banyak yang gak sadar kalau KPR sebenarnya bisa jadi “kekayaan” kita.

Mencicil hape, mobil, atau motor boleh saja dikategorikan sebagai utang yang memberatkan. Gimana gak memberatkan, ketika utang tersebut lunas, nilai barang sudah menyusut. Hape, saat segel sudah dibuka, otomatis jadi barang bekas yang nilainya berkurang 30 persen. Jika baru hape tersebut dihargai Rp5 juta, begitu segel terbuka, akan dihargai hanya sekitar Rp3,5 juta saja.

Baca juga: Pilih “Utang” atau Ga Punya Rumah Selamanya?

Pun dengan mobil atau motor. Begitu mereka keluar showroom dan melantai di jalan, nilainya pun akan langsung berkurang dengan kisaran 10-15persen. Mobil seharga Rp250 juta, baru jalan satu kilometre pun bisa sudah menjadi Rp220 juta.

Beda dengan properti, baik rumah atau apartemen, yang nilainya tidak mungkin turun, bahkan cenderung naik. Harga properti pasti naik sekecil apapun itu. Rina, seorang karyawan yang berdomisili di Depok sudah membuktikannya. Berbincang dengan Rumah123, Rina mengaku rumah yang dicicilnya pada 2008 silam naik 450 persen.

Baca juga: Utang KPR Bikin Kamu Ogah Beli Rumah? Baca Ini Dululah!

“Dulu saya beli harga cash-nya cuma Rp75 juta. Karena saya pakai KPR, per bulan saya bayar sekitar 1.020.000 sampai 1.050.000,” kata Rina beberapa waktu lalu. “Ya total saya bayar sekitar Rp144 juta, tapi harga rumah itu sekarang sudah Rp350 juta.”

Pakai KPR, Beli Properti Jadi Lebih Untung

KPR dengan tenor yang panjang, sebenarnya lebih menguntungkan bagi konsumen. Betul jika bank juga untung lantaran dapat bunga dalam jangka panjang, tapi kenaikan harga properti membuat konsumen lebih merasakan hasilnya.

Konsumen sangat mungkin membayar uang muka lebih murah dari tenor pendek. Cicilan pun jauh lebih ringan. Kamu bisa lebih leluasa mengatur keuangan.

Baca juga: Jual Rumah yang Masih KPR, Susah Ga?

Meski berutang dan membayar bunga agak lama, kenaikan harga properti tetap akan jauh lebih cepat. Total uang yang kamu bayarkan ke bank akan tetap lebih kecil dari nilai properti tersebut pada waktu bersamaan. Dijamin tetap untung!

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me