Mumpung DP Rumah Lagi Turun, Yuk Beli Rumah!

Big Banner

Foto: Rumah123/iStock

Saat ini berkat kebijakan Bank Indonesia (BI) uang muka (DP) rumah yang semula minimal 20% menjadi 15%. Nah, mumpung DP rumah lagi turun, niat kamu untuk beli hunian bisa dipercepat nih. Simak langkahnya berikut ini:

  1. Bikin Tabungan Khusus

Kalau untuk beli rumah disarankan menabung pastinya kamu sudah tahu kan? Tapi, ini menabung secara khusus. Buat sebuah perencanaan keuangan khusus untuk membeli rumah yang sudah kamu tentukan. Selanjutnya, hitung dengan cermat pendapatanmu. Sisihkan setidaknya 15-20 persen dari pendapatanmu sebagai dana khusus untuk uang muka (DP) rumah.

  1. Cari Pengembang yang Menawarkan Promo

Cermati berbagai penawaran promo dari para pengembang tepercaya. Biasanya yang ditawarkan para pengembang adalah keringan cara pembayaran, semisal DP yang bisa dicicil atau diskon DP, bahkan tanpa DP.

Baca juga: BI Kaji LTV Spasial, Nantinya Persentase DP Rumah di Indonesia Bisa Beda-Beda Lho!

  1. Memanfaatkan Dana Bantuan BPJS Ketenagakerjaan

Kalau kamu adalah anggota BPJS Ketenagakerjaan, sudah menjadi anggota selama setahun, tak ada tunggakan iuran bulanan, mengikuti program Jaminan Hari Tua (JHT) atau dana pensiun, dan belum punya rumah, maka kamu memenuhi syarat untuk memanfaatkan bantuan ini.

Pinjaman tersebut dikenal juga dengan nama PUMP (Pinjaman Uang Muka Perumahan). Pinjaman ini memang khusus untuk membantu pembayaran DP rumah. Suku bunga yang diberikan tergolong murah dengan tenor pengembalian yang lama (bisa sampai 20 tahun lho!).

Baca juga: Suku Bunga Acuan BI Turun, Apa Artinya Buat Kamu?

  1. Cari Rumah yang Harganya di Bawah Pasaran

Mumpung DP rumah lagi turun, coba kamu cari rumah yang harganya di bawah harga pasaran. Semisal harganya Rp200 juta, jika DP-nya 15 persen, maka dana DP yang harus kamu bayarkan hanya sekitar Rp30 juta. Jadi, tak terlalu besar bukan?

  1. Memilih Bank yang Tepat

Beberapa bank kerap menawarkan suku bunga yang lebih murah ketimbang bank yang lain. Nah, carilah bank yang seperti ini. Selain itu, juga yang ada promo bebas biaya administrasi dan provisi.

Mau cepat punya rumah dengan harga yang murah memang kamu harus rajin mencari tahu, terutama yang gencar menawarkan promo murah.

rumah123.com

Large Rectangle
Large Rectangle

Share

Follow Me